Puluhan karya seni lukis menawan ditampilkan dalam pameran seni lukis "Membaca Misbach" di Sanggar Sholihin Taman Budaya Kalimantan Selatan, Banjarmasin, dari 21-28 Nopember 2020.

Pameran ini, kata Kurator muda Kalsel Hajrian Syah di Taman Budaya Kalsel, Ahad, dikhususkan berkaitan dengan pelukis senior Kalsel Misbach Tamrin.

Sehingga sejumlah lukisan yang dipamerkan ada beberapa lukisan figur Misbach sendiri dari para pelukis Kalsel yang mengagumi pria kelahiran Amuntai, Hulu Sungai Utara, Kalsel sekitar 78 tahun silam tersebut.

"Sejumlah lukisan beliau (Misbach) juga ada dalam pameran ini," tutur Hajrian Syah.

Selain itu lukisan beberapa seniman yang mengaluri pemikiran Misbach dalam berkarya.

"Diantaranya tema tentang alam dan sosial karya yang biasa dibuat beliau (Misbach)," ujar Hajrian Syah.

Yang pasti dari semua itu, pameran ini semangatnya didedikasikan untuk Misbach Tamrin, demi membaca kehidupan dan gagasannya.

Kemudian terformulasi melalui bentuk-bentuk lukisan impresi dan pandangan, simpatik maupun empatik dalam rangka penokohan seorang seniman.

"Karya-karya Misbach Tamrin tidak diragukan lagi, ini jadi inspirasi dan semangat kami yang muda," tuturnya.

Semangat lain tentunya dalam gelar pameran ini, papar Hajrian Syah, agar kesenian lukis terus bisa berkembang di daerah ini, banyak karya menawan yang dibuat seniman muda, hingga bisa mengangkat perekonomian.*
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020