Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin melaksanakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020 dengan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Gelar simulasi pemungutan suara untuk pilkada serentak di Kota Banjarmasin, yakni untuk Pemilihan Wali Kota/Wakil Wali Kota Banjarmasin dan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, 9 Desember 2020, bertempat di halaman Gedung Sultan Suriansyah, Sabtu.

"Hari ini kami contohkan bagaimana cara pemungutan suara di TPS dengan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19," kata anggota KPU Kota Banjarmasin Syafruddin Akbar.

Menurut dia, pelaksanaan pemungutan suara berbeda dari pemilu sebelumnya karena masa pandemi COVID-19. Maka, penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat.

Dijelaskan pula bahwa para petugas TPS akan dilengkapi alat pelindung diri (APD), seperti pakai masker, pelindung wajah, dan sarung tangan.

"Kami juga menyiapkan APD lengkap atau baju hazmat di setiap TPS saat kondisi yang mengharuskan petugas memakainya," tutur Syafruddin Akbar.

Untuk pemilih, kata Akbar, dijadwalkan bergiliran datang ke TPS sehingga tidak ada kerumunan.

"Caranya masing-masing TPS saja menjadwalkan bagaimana, 'kan tentang waktunya dari pukul 07.00 hingga 13.00 WITA," katanya.

Bagi pemilih, kata dia, wajib sebelum masuk ke lingkungan TPS harus cuci tangan, diukur suhu tubuh, dan memakai sarung tangan yang disiapkan.

"Jika ada pemilih yang suhu tubuhnya di atas normal, akan diarahkan ke bilik khusus pencoblosan surat suara," katanya.

Ia mengimbau pemilih yang ke TPS agar mengikuti protokol Kesehatan, tidak bergerombol saat antre, tidak melepas masker, dan tidak lupa cuci tangan pakai sabun.

"Kami minta kerja samanya untuk sama-sama menjaga demi keselamatan kita bersama," tuturnya.

Pemungutan suara di Kota Banjarmasin akan berlangsung di 1.199 TPS yang tersebar di lima kecamatan atau 52 kelurahan di kota ini.

Syafruddin Akbar menyebutkan jumlah nama yang tercatat di dalam daftar pemilih tetap (DPT) di Kota Banjarmasin sebanyak 448.157 pemilih.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020