Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Rencana pembangunan ruang terbuka hijau dengan nama Taman Tanjung Bersinar di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, akan dimulai pada 2015.


"Pembangunannya akan dimulai pada 2015, menyusul telah ditetapkannya lahan seluas satu hektare milik Pemerintah Kabupaten Tabalong di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, melalui SK Bupati Nomor 188.45/238/2014," kata Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan Tabalong Hidwar Ahmadi di Tanjung, Rabu.

Ia mengatakan hal itu saat ekspos rencana pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) tersebut.

Menurut dia, pembangunan Taman Tanjung Bersinar akan menggunakan dana sekitar Rp16,8 miliar.

"SK lokasi pembangunan ruang terbuka hijau sudah ditetapkan, rencananya awal 2015 sudah mulai kita laksanakan pembangunan Taman Tanjung Bersinar dengan alokasi dana Rp16,8 miliar dan dana sharing APBD kabupaten sebesar Rp2,5 miliar," kata Hidwar.

Pembangunan RTH di Tabalong sendiri mengacu pada UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang dimana adanya ketersediaan RTH 30 persen dari luas wilayah dengan komposisi 20 persen untuk publik dan 10 persen RTH privat.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat mengikuti ekspos oleh tim swakelola program pengembangan kota hijau (P2KH) terkait rencana pembangunan Taman Tanjung Bersinar mengatakan perencanaannya harus dipaduserasikan dengan wacana pembangunan Tanjung Town square yang berdekatan dengan lokasi pembangunan RTH di Mabuun.

"Mulai sekarang harus direncanakan sarana dan prasarana pendukung khususnya jalan di sekitar lokasi rencana pembangunan RTH apalagi kita juga akan membenahi mall At Tayyibah Mabuun menjadi pusat perbelanjaan," ujar Anang.

Anang berharap dukungan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan RTH porsinya lebih besar termasuk adanya dukungan dari pihak swasta agar Tabalong bisa segera memiliki taman kota yang representatif.

Terkait dana sharing dari APBD kabupaten sebesar Rp2,5 miliar juga akan dimasukkan dalam APBD 2014 yang ditargetkan sudah disahkan pada Nopember 2014 sehingga bisa langsung dilelang pada Desember.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014