Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 1, Ustadz H Fakih Jarjani - Abu Yazid Bustami (FAYA) menyampaikan beberapa upaya strategis untuk mempersiapkan dan menyonsong Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), sebagai daerah yang nantinya bisa menjadi penyangga pangan bagi ibu kota negara Republik Indonesia (RI).

Calon Wakil Bupati HST Abu Yazid Bustami, mengatakan ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila nanti pasangan FAYA terpilih dalam Pilkada 2020, seperti memanfaatkan posisi silang Kabupaten HST yang memungkinkan HST menjadi daerah penyangga ibu kota negara.

"Maka yang kita akan siapkan bidang pertanian kita ketika nantinya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibukota negara, dalam beberapa pertemuan dengan kelompok-kelompok masyarakat kita sepertinya sudah memiliki kesiapan ke arah itu," katanya, beberapa waktu lalu.

Kemudian, dari sisi jasa memungkinkan untuk mengembangkan perwilayahan Jalan Lingkar Kapar- Walangsi, yang ada sekarang ini ada untuk bisa dimanfaatkan sebagai kawasan pergudangan.

Pihaknya juga ingin Kota Barabai ini dengan letak stategisnya menjadi pusat pelayanan jasa, disamping kondisi pelayanan dan jasa yang ada, maka akan dididik anak-anak muda di HST dengan melakukan pelatihan-pelatihan kewirausahaan berbasis digitalisasi.

"Menurut kami beberapa hal tersebut sangat penting,  untuk dikerjakan dalam konteks menciptakan Kabupaten HST sebagai penyangga ibukota negara RI," katanya.

Calon Bupati HST, Ustadz Fakih Jarjani, mengatakan intinya depan sebagai kabupaten penyangga maka akan memaksimalkan potensi pertanian, diawali nantinya dengan sinkronisasi data perencanaan penganggaran.

Menurut dia, jangan sampai nantinya dinas terkait ini tidak punya data yang jelas untuk itu, data-data ini untuk menanggulangi atau memperbaiki pompa air pertanian dan lainnya.

Nantinya juga diperlukan ada orang-orang yang benar menguasai bidangnya, punya semangat untuk bekerja demi kebaikan masyarakat Kabupaten HST serta agar masyarakat ini bisa menjual hasil pertaniannya perusahaan daerah.

"Hasil-hasil pertanian tersebut ini sebagian besar nantinya akan kita kemas dengan bagus, untuk dikirim ke Ibu kota negara yang baru ini, dan bersama DPRD bekerja sama dalam membeli tanah di sana biar untuk pergudangan dan angkutan-angkutan juga sudah tersedia," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020