Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry melakukan expose Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional(SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online (LAPOR) Kabupaten HSS, di ruang Media Center Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Ia mengatakan, expose SP4N-LAPOR! HSS dilaksanakan untuk dinilai dan dievaluasi langsung oleh Tim Juri dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) secara virtual.

"Ada dua inovasi pelayanan publik yang sudah diterapkan Pemkab HSS, pertama ada program "Bupati Menjawab" melalui radio, serta Unit Pemantau Pelayanan Publik (UP3)", katanya, dalam keterangan, Rabu (11/11).

Baca juga: Pemkab HSS peringati Hari Pahlawan Nasional 2020

Dijelaskan dia, di Kabupaten HSS jumlah partisipasi masyarakat untuk pengaduan dan tindak lanjut dari pemerintah, berjalan dengan seimbang sehingga tidak ada pengaduan yang tertunda.

Pihaknya bersyukur, dengan seimbangnya tersebut, maka indeks kepuasan masyarakat meningkat, yang mana pada 2017 indeks kepuasan masyarakat sebesar 81,13 dan sekarang sudah meningkat menjadi 84,87 dalam kategori baik dan semakin meningkat.

Semua tindak lanjut yang sudah dikerjakan Pemkab HSS dari penilaian KEMENPANRB untuk penilaian SAKIP sehingga Pemkab HSS sudah mendapat predikat BB, indeks reformasi birokrasi juga sudah predikat BB, kemudian juga memperoleh WTP tujuh kali berturut-turut.

"Memperoleh indeks daya saing daerah tinggi yaitu 3,07, serta penilaian integritas dari KPK RI dengan nilai 85,7, dan juga kepatuhan dari Ambusment memperoleh Kepatuhan Tinggi, dan Alhamdulillah beberapa inovasi yang dikeluarkan, kita menjadi rolmodel dalam penyelenggaraan pelayanan publik ," katanya.

Baca juga: Hari jadi HSS tidak berupa pesta rakyat, tapi dengan konsep berbagi

Menurut dia, partisipasi masyarakat dengan pemerintah daerah sangat baik, dan itu adalah kunci dalam keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang telah dilaksanakan.

Kedepannya LAPOR! ini akan terus dikembangkan, sebagai media untuk mempertemukan antara pemerintah yang memberikan pelayanan, dan masyarakat yang menerima pelayanan.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, kepala Inspektorat HSS, kepala Bapelitbangda HSS serta kepala Diskominfo HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020