Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Rektor Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, Prof. Sutarto Hadi, siap membantu upaya Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, untuk menjadikan daerah tersebut sebagai pusat pengembangan industri maritim.


"Kami sebagai pihak akademisi, kami siap membantu Kotabaru dalam ilmu dan pengetahuan. Dengan sumberdaya manusia yang kami miliki, mari kita bekerja sama mengeksplorasi apa yang dapat dikembangkan di Kotabaru," kata Sutarto menanggapi akan dilaksanakannya event nasional Hari Nusantara di Kotabaru, Desember 2014, Selasa.

Peran perguruan tinggi, menurut Rektor Unlam, sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan, karena perguruan tinggi memiliki kemampuan sumberdaya manusia yang kompeten dan kredibel.

Apalagi dalam pembangunan dewasa ini sumberdaya manusia menjadi variabel utama yang menentukan keberhasilan pembangunan.

Menurut Doktor bidang Matematika ini, Kotabaru sebagai kabupaten yang terdiri pulau-pulau memiliki banyak potensi sumberdaya alam, tidak hanya di darat tapi juga di laut. Kedua potensi ini harus dikembangkan sebaik mungkin demi kemajuan Kotabaru.

Pemberdayaan potensi sumberdaya alam Kotabaru tersebut juga harus diiringi dengan peningkatan sumberdaya manusianya antara lain dalam hal pendidikan masyarakat, kemandirian dan sikap mental untuk maju.

Sementara, Unlam memiliki kemampuan ilmu dan pengetahuan dalam berbagai bidang pembangunan, antara lain teknik sipil dan arsitektur yang dapat membantu pembangunan infrastruktur, juga bidang pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan, perekonomian dan lainnya.

"Sebagai perguruan tinggi, Unlam memiliki kemampuan membuat riset dan kajian.Dengan sejumlah potensi inilah sewajarnya bila perguruan tinggi di daerah mampu mengambil peran dalam pembangunan," terangnya.

Perguruan tinggi mengadakan studi-studi kebijakan untuk disumbangkan kepada pemerintah daerah agar dapat membantu menentukan prioritas program pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah. Juga membuat studi-studi evaluasi dalam upaya perbaikan program pembangunan dan peningkatan efisiensi dan efektivitas program

Selain itu, mengembangkan model-model pembangunan daerah dengan mempertimbangkan sektor-sektor unggulan yang dapat diangkat dan dimanfaatkan pemerintah daerah dan masyarakat. Model pembangunan tersebut diperlukan terutama untuk merumuskan program yang relevan dengan kondisi lokal dan masyarakat setempat.

Kemudian membangun kerja sama antar universitas, pemerintah daerah dan masyarakat lain untuk menyusun kebijakan dan program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, melaksanakan studi-studi spesifik sehubungan usaha mengembangkan ekonomi masyarakat daerah, melakukan kajian-kajian program nasional yang akan diterapkan di daerah, sehingga dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan nasional selain pembangunan daerah itu sendiri.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, menyatakan, Kotabaru yang memiliki 100 lebih pulau kecil dan besar, bertekad menjadi pusat pengembangan industri maritim di Indonesia.

"Kotabaru sangat cocok untuk dijadikan pusat pengembangan industri maritim di Indonesia, terlebih Kabupaten Kotabaru berada di posisi tengah-tengah dari wilayah Indonesia," ujarnya.

  Terlebih perairan Kotabaru juga masuk wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II, di mana menjadi lalulintas pelayaran jalur perdagangan internasional.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014