Amuntai,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Provinsi Kalimantan Selatan segera membangun gedung pendidikan anak usia dini atau biasa disebut rumah pintar untuk anak prasekolah sekaligus bagi orang tua yang menunggu putra-putrinya.


Ketua TP PKK Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah di Amuntai, Minggu mengatakan pembangunan dan pengelolaan rumah pintar di Kabupaten Hulu Sungai Utara melalui Tim Penggerak PKK bakal didesain meniru rumah pintar yang ada di Cikeas Bogor Jawa Barat.

"Kita bersama instansi terkait telah melakukan studi pembelajaran rumah pintar di Cikeas dan memperoleh masukkan terkait aktivitas dan desain rumpin untuk diterapkan di HSU," katanya.

Rumah pintar yang bakal dibangun nanti tidak hanya menyediakan sarana bermain anak namun juga tempat pelatihan dan pendidikan bagi orang tua pendamping anak.

"Jadi orang dewasa yang mendampingi anak tidak terbuang waktunya hanya untuk mengantar dan menunggu anak, melainkan juga dapat pendidikan dan pelatihan" Ujar Anisah.

Anisah berharap rumah pintar PKK ini nantinya bisa menjadi percontohan bagi lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam menerapkan pola pendidikannya.

Rumah pintar yang dikelola PKK melalui kelompok kerja (pokja) II akan merekrut tenaga pendidik dari berbagai dinas instansi terkait.

Ketua Pokja II PKK HSU Hj Lailatanur Raudah menerangkan tersedia bantuan pusat senilai Rp200 juta dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat yang siap dikucurkan untuk pembangunan Rumpin PKK HSU.

Selain itu, melalui APBD 2014 perubahan juga dianggarkan untuk menambah biaya rehab bangunan di Desa Karias yang nantinya menjadi rumah pintar yang diperkirakan selesai akhir 2014.

"Jadi di awal 2015 pejabat dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Maasyarakan yang meresmikan," imbuhnya.

Lailaatanur menerangkan, rumah pintar selain menjadi tempat pendidikan anak juga menyediakan tempat belajar bagi para orang tua yang mendampingi anak mereka belajar di rumah pintar tersebut.

"Nanti di rumah pintar kita sediakan tempat belajar bagi orang tua seperti kriya anyaman, komputer, menjahit dan sebagainya sehingga menambah pengetahuan dan keterampilan orang dewasa juga" katanya.

Sebagaimana halnya Rumpin di Cikeas, dilokasi Rumpin PKK HSU ini juga dibangun arena bermain anak yang fungsinya bertujuanmerangsang kreativitas anak dan penanaman pendidikan karakter anak.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014