Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dan Kepala Bappelitbangda Kab.HSS M.Arliyan Syahrial, hadiri pembukaan presentasi kepala daerah dalam penilaian Innovative Government Award (IGA) tahun 2020 secara virtual, di ruang Media Center Setda HSS.

Ia mengatakan, Kabupaten HSS akan menyampaikan presentasi, dan bersyukur HSS masuk 12 Kabupaten terinovatif di Indonesia, sehingga nanti presentasi akan tersisa 10 Kabupaten.

"Pada tahun kemarin HSS masuk 10 besar, dan mudah-mudahan kita bisa sampaikan ini, jadi ini merupakan program tahunan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melihat sejauh mana inovasi yang dilakukan oleh kabupaten atau kota di Indonesia,"  katanya, Rabu (4/11).

Baca juga: Pemkab HSS peringati Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual

Dijelaskan dia, bersyukur Kabupaten HSS tahun kedua sudah masuk nominasi, tahun kemarin masuk nominasi juga masuk 10 besar, tahun ini masuk 12 besar dan diharapkan bisa masuk 10 besar.

Ini juga sebagai gambaran apa yang telah dilakukan dan tentu inovasi yang disampaikan adalah kumpulan inovasi OPD sampai kecamatan dan desa, sehingga nilai HSS cukup bagus dan dimasukkan dalam kategori terinovatif.

Ajang IGA  sendiri adalah kompetisi inovasi dibidang tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi lainnya yang melibatkan kabupaten, kota dan provinsi se Indonesia yang dihelat Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri RI.

Baca juga: 80 CPNS di lingkup Pemkab HSS ikuti pelatihan dasar

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk mengukur tingkat inovasi daerah, memacu dan memotivasi pemerintahan daerah untuk meningkat inovasi dan kreatifitas pemda.

Mendorong arah penyelenggaraan pemda dan pembangunan daerah sesuai dengan kebijakan pembangunan nasional yang selaras dengan penerapan Good Governance. 

Serta, meningkatkan pengawasan dan peran serta masyarakat dalam perumusan kebijakan dan program sehingga dapat diterima, tepat dan berkelanjutan, memberikan penghargaan kepada pemda yang melakukan inovasi dan kreatifitas dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020