Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H.Achmad Fikry membuka secara resmi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS Angkatan I dan II Tahun 2020, di Gedung 2 BKD HSS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) HSS, H Zulkifli, di Kandangan, mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 80 orang, yang dilaksanakan dua angkatan dengan jumlah masing-masing angkatan 40 orang.

"Kegiatan pembukaan pelatihan dasar CPNS angkatan 1 dan 2 ini dilakukan secara langsung dengan perwakilan yang hadir perangkatan 10 orang, dan yang lainnya 60 orang mengikuti secara virtual, untuk antisipasi penyebaran COVID-19 dengan melaksanakan protokol kesehatan," katanya, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, dasar pelaksanaan adalah Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017, kemudian Peraturan Kepala LAN RI Nomor 12 tahun 2018, tentang pelatihan dasar CPNS dan surat edaran Kepala LAN RI No 10/K.1/HKM.02.3/2020 tentang panduan teknis penyelenggaraan pelatihan dalam masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Bupati HSS harapkan yang lulus seleksi CPNS berkualitas dan penuh tanggung jawab

Tujuan pelaksanaan untuk mewujudkan PNS yang memiliki kompetensi dan moralitas tinggi, yang dilaksanakan tanggal 27 Oktober sampai 23 Desember 2020, pada masa pandemi covid-19 ini maka kegiatan pembelajaran dominan dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom dan google classroom.

Dan bagi peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan yang kemudian berdasarkan evaluasi yang dinyatakan berhasil lulus, maka akan diberikan surat tanda tangan pendidikan dan pelatihan.

"Atas dukungan dan koordinasi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel dengan LAN RI sehingga pelaksanaan pelatihan dasar bagi CPNS di lingkungan HSS pada masa pandemi COVID-19 ini dapat dilaksanakan," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan pendidikan latihan dasar golongan 3 CPNS formasi 2018 yang dilaksanakan BKD HSS dan ini memang harus dilaksanakan, karena syarat untuk menjadi PNS harus ada sertifikat pendidikan latihan dasar.

Baca juga: 19 pejabat di lingkungan Pemkab HSS dilantik dan diambil sumpah

Menurut dia, meskipun pandemi COVID-19 namun sudah dapat izin dari BPSDMD Kalsel dan LAN RI untuk dilaksanakan secara virtual, dan ia berpesan meskipun secara virtual tidak mengurangi makna dari pendidikan latihan dasar ini yang membentuk karakter dan disiplin ASN.

"Jadi mereka sebentar lagi akan jadi ASN, kita minta sudah punya komitmen untuk disiplinkan dan mempersiapkan diri menjadi pelayan masyarakat, sehingga mainsetnya mainset melayani, berpikir apa yang harusnya dikerjakan, bukan apa adanya, sehingga muncul inovasi-inovasi dan kreatifitas-kreatifitas," katanya.

Sebagai Penjabat Pembina Kepegawaian Daerah, ia mendoakan CPNS bisa lulus semua sehingga mereka menjadi PNS, dan pelatihan dasar CPNS atau yang merupakan salah satu amanah undang-undang yang wajib dilakukan sebagai prasyarat bagi perubahan status dari CPNS menjadi PNS.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan kartu tanda peserta kepada perwakilan CPNS dan pengambilan sumpah atau janji, serta turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan HSS Hj Siti Zainab dan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat H.Muhammad Thaha.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020