Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahterah Keluarga (PKK) Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Hj. Husnul Khatimah menyampaikan pemeriksaan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Periksa Payudara Secara Klinis (SADANIS) di wilayahnya diikuti 44 orang.

Ia mengatakan, dari 44 orang tersebut berasal dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Daha Barat, dan menjadi wiilayah pelayanan dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bajayau.

Baca juga: Lomba cipta menu B2SA, PKK tampilkan Longsing Sehati

"Tes IVA dan SADANIS di Kecamatan Daha Barat menjadi tempat terakhir pelaksanaan tes, yang dilaksanakan TP PKK HSS bekerjasama dengan Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Puskesmas Bajayau," katanya, Senin (2/11).

Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry mengungkapkan bahwa pemeriksaan IVA test dan SADANIS ini dilaksanakan setiap tahun, dengan menerapkan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19.

Pihaknya bersyukur masih bisa melaksanakan tes IVA dan SADANIS, dengan harapan pemeriksaan para wanita maka bisa terhindar dari kanker,  terutama kanker payudara dan kanker rahim.

Baca juga: Tes SADANIS HSS hindarkan wanita dari kanker payudara dan rahim

Tes IVA dilakukan sebagai bentuk deteksi dini kanker serviks, dilakukan dokter kandungan atau tenaga kesehatan berkompeten, agar penegakan diagnosisnya tak keliru, sementara SADANIS dari tenaga kesehatan terlatih, dilakukan sebelum wanita melakukan tes IVA, untuk deteksi dini kanker leher rahim.

Ketua TP PKK HSS melakukan peninjauan tes IVA dan SADANIS di Kecamatan Daha Barat, tepatnya di Puskesmas Bajayau, didampingi Wakil Ketua I TP. PKK Srie Astuti beserta anggota.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020