Tim Penggerak(TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menampilkan Longsing Sehati pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang Dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), bertempat di Pendopo Bupati HSS.

Ketua TP. PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (26/10), mengatakan Longsing Sehati sendiri merupakan menu lontong yang berbahan dasar dari singkong atau ubi kayu dan juga tempe yang dikukus.

Baca juga: Tes SADANIS HSS hindarkan wanita dari kanker payudara dan rahim

"Dalam satu porsi longsing juga terdapat nugget ikan Haruan, sayur lodeh Pepaya dan juga protein nabati dari Tahu," katanya, dalam keterangan disela kegiatan penilaian juri.

Dijelaskan dia, Longsing Sehati merupakan menu yang ditampilkan pada lomba cipta menu dengan mengkreasikan bahan berdasarkan kearifan lokal yang ada di HSS, diharapkan menjadi cipta menu yang terbaik di Provinsi Kalsel.

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Rolena Kinawati, mengatakan lomba cipta menu diadakan guna menurunkan tingkat konsumsi beras di Kalsel yang cukup tinggi.

Baca juga: 27 peserta ikuti program PKH-P keterampilan Handicraft Kecamatan Kandangan

Menurut dia, dalam hal tersebut dikarenakan nilai analisa konsumsi ubi kayu cukup tinggi, sehingga ubi kayu digalakkan menjadi bahan dasar pada lomba kali ini.

“Karena sasaran kegiatan kita adalah keluarga rumah tangga, jadi lomba masak ini kita lombakan untuk kelompok wanita tani, UKM, Dasa Wisma atau kelompok wanita lainnya,” katanya, yang juga menjadi salah satu dewan juri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020