Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Nomor Urut 2, H Akhmad Tamzil dan H M Ilham Effendy (TAMPIL) yakin bisa menjalin sinergitas yang baik dengan pihak legeslatif, kendati mencalonkan diri melalui jalur perseorangan atau independen.

Calon Bupati HST H Akhmad Tamzil, mengatakan bersyukur bisa lulus melalui jalur perorangan, sebagaimana lolosnya pasangan Nomor 3 dan Nomor 1, dan pihaknya menggapan semua fraksi di DPRD HST seyogyanya merupakan mitra.

"Bagaimana melakukan sinergitas yang tentunya terjalin karena tujuan yang sama, memperbaiki derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten HST, selama kemitraan dan niatnya sama untuk membangun Kabupaten HST, jadi siapa pun yang terpilih tentu akan bisa menjalin itu," katanya, dalam keterangan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Usung slogan Berseri, Paslon Tamzil Ilham tampil bersemangat dalam debat

Dijelaskan dia, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) HST sekitar Rp1,2 triliun belum sampai lagi Rp1,3 triliun, di mana sampai 60 persen penggunaannya untuk kepentingan bayar gaji tunjangan, sementara keperluan dalam mengelola anggaran untuk belanja pembangunan kira-kira tinggal 20 persen .

Oleh karenanya dengan semangat kemitraan, niat bersama anak membangun HST, di manapun jalurnya, baik dari partai politik maupun perseorangan tentu sama saja,  dan di mana pihaknya mendapatkan kesempatan melalui jalur independen.

Dari segi kebijakan tentu bisa dikendalikan, dengan tidak mengurangi rasa hormat paslon dari partai politik, maka paslon dari jalur perseorangan akan mudah membangun kemitraan, karena tidak ada yang bisa mengendalikan dan menurut dia itulah kelebihan dari pada jalur independen.

"Jangan kuatir kita akan membangun kemitraan dengan teman-teman di Legislatif dalam rangka penyusunan perencanaan anggaran ke depan, demi kemaslahatan Bumi Murakata dan demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten HST," katanya, yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) HST.

Baca juga: Cabup dan Cawabup HST Tamzil - ilham bertekad kuasai suara Kecamatan Barabai

Menurut dia, pihaknya saat ini fokus untuk di tahap awal dalam membantu penyelenggara pemilu, dengan pelaksanaan jujur dan adil, dan kalau berkenan memilih nomor 2 dengan semangat kemitraan, sehingga pada saatnya nanti bangun duduk bersama eksekutif dan legislatif menyusun perencanaan anggaran.

Adapun berdasarkan jumlah penduduk Kabupaten HST, berdasarkan catatan terakhir sekitar 272.000 juta, antara jumlah laki-laki dan perempuan hampir sebanding, dan masyarakat ini menanti hasil pemilu dan agar tidak terjebak dalam persoalan kepentingan tertentu.

Ditambahkan dia, hasil pemilu sangat penting dalam terwujudnya pemerintahan yang bersih berwibawa, memiliki akuntabilitas dan tidak ada keberpihakan kepada siapa pun, pelayanan profesional, loyal, rajin dan penuh kedisiplinan, dan itu harus ditempuh melalui proses demokrasi supaya terlaksana jujur dan adil.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020