Menjadi seorang penyanyi tentu suara adalah kuncinya hingga terus dijaga kualitas meski di saat pandemi COVID-19 yang menurunkan aktivitas tampil di panggung.

Seperti diakui Susi Andriani, seorang penyanyi di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang terus mengasah kemampuan bernyanyinya dengan rajin berlatih vokal.

"Memang job manggung tidak seramai dulu sebelum COVID-19. Namun bukan berarti kualitas vokal jadi turun, kita harus terus berlatih," ucap dia kepada ANTARA, Minggu.

Susi juga punya cara tersendiri untuk tetap bugar di tengah pandemi. Dia rajin berolahraga seperti sepeda hingga lari-lari kecil.

Menurut dia, badan yang bugar dan sehat akan mendukung aktivitas bernyanyinya yang membutuhkan nafas panjang dalam setiap nada.

"Kalau badan sehat tentu imun juga kuat sehingga menjadi upaya mencegah terpapar COVID-19 menyerang tubuh kita," kata wanita berhijab ini.
Penyanyi Susi Andriani saat tampil bernyanyi. (ANTARA/Firman)


Penyanyi yang tergabung di Komunitas Singer Lovings Peace Kalsel ini juga sibuk berbisnis pakaian wanita. Bahkan Susi mendesain dan menjahit sendiri busana yang dijualnya dengan merek susieand'scollection.

"Hitung-hitung menambah penghasilan di masa sulit pandemi COVID-19. Alhamdulilah ada saja rezekinya sepanjang kita berusaha dan berdoa," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020