Ketua Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Hulu Sungai Utara Syardani meminta masyarakat tidak takut atau ragu untuk melaporkan jika menjumpai kacurangan atau pelanggaran pada proses tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala.Daerah serentak 2020.

"Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri mengawasi seluruh kegiatan terkait Pemilihan Kepala Daerah, perlu peran serta masyarakat untuk mengawasi dan melaporkan jika menjumpai kecurangan atau pelanggaran," ujar Syardani di Amuntai Senin (19/10).

Membuka  sosialisasi pengawasan pemilu partisipasif bersama tokoh masyarakat, ormas, organisasi mahasiswa, LSM di Rumah Makan Melati di Kota Amuntai, Syardani mengajak partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada.

Ia menyadari pentingnya peran serta masyarakat untuk menjaga jalannya Pemilu yang demokratis, aman, jujur dan adil tanpa dicederai politik uang (money politic).

Syardani menyayangkan apabila masyarakat tidak melaporkan adanya pelanggaran Pilkada kepada Bawaslu atau aparat penegak hukum, hal itu menurutnya tidak perlu terjadi di alam demokrasi.
 
Anggota Bawaslu HSU serahkan sertifikat kepada nara sumber sosialisasi. (Antaranews Kalsel/ Diskominfo HSU/Eddy A)

"Dengan adanya pengawasan yang luas dari masyarakat dapat meminimalisir pelanggaran sehingga dari Pilkada serentak nanti kita bisa menghasilkan para pemimpin yang amanah dan jujur," tandasnya.

Senada, pejabat Bawaslu Kalsel H Supriyanto Noor mengatakan sosialisasi partisipasif sangat ini sangat diperlukan dalam penegakan demokrasi dalam pilkada tahun 2020.

"Saya mewakili Bawaslu provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini kepada para masyarakat khususnya para mahasiswa sahabat Bawaslu, setidaknya dengan mengikuti kegiatan ini, dapat memberikan suatu peran bagi kita semua keberanian untuk berperan dalam demokrasi di Indonesia," katanya.

Sosialisasi juga menghadirkan nara sumber dari kalangan akdemisi  Fathurrahman Kurnain selaku Dosen Universitas Lambung Mangkurat dan ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSU KH Said Masrawan Lc.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020