Paringin,  (Antaranews Kalsel) - Jumlah pelamar calon pegawai negeri sipil di Balangan, Kalimantan Selatan, hingga saat ini mencapai 2.075 orang, jelas Kepala Seksi Formasi Mutasi dan Promosi Pegawai, Badan Kepegawaian Daerah setempat, Rahmi, di Paringin.


Dari 2.075 berkas pelamar yang masuk ke BKD Balangan, formasi dengan kategori semua jurusan mendominasi dibanding formasi lainnya.

"Formasi penggerak swadaya masyarakat pertama paling banyak peminatnya, karena bisa menampung semua jurusan sarjana, disusul formasi bidan dan pendidikan agama islam," ungkapnya di Paringin

Ia menambahkan, formasi CPNS di Balangan tahun ini sebanyak 74 orang sesuai yang diusulkan BKD setempat mencakup tenaga kependidikan 17 orang, tenaga kesehatan 27 orang dan tenaga teknis 30 orang.

"Sesuai arahan bupati, tahun ini pelamar CPNS tidak dibatasi nilai indeks prestasi kumulatifnya termasuk tingkat kreditasi kampus karena itu semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjadi calon pegawai negeri sipil," katanya.

Sementara itu dari 74 formasi yang tersedia, tercatat tujuh formasi masih belum ada peminatnya yakni dokter spesialis mata, dokter THT, dokter gigi, penyuluh perikanan, elektromedis, guru otomotif dan formasi Instruktur seni kriya.

Untuk mengantisipasi kekosongan tujuh formasi itu, BKD setempat sangat berharap dukungan dari instansi terkait agar membantu melakukan pencarian pelamarnya.

"Kita sudah melakukan berbagai upaya agar beberapa formasi itu tidak kosong, salah satunya melalui media dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan upaya jemput bola, atau langsung menjemput pelamar yang memenuhi kriterianya," jelasnya.

Rahmi berharap, kekosongan pelamar pada salah satu formasi yang terjadi pada tahun lalu tidak terulang pada seleksi calon pegawai negeri sipil tahun ini, karena pemerintah kabupaten sudah memperjuangkan untuk mendapatkan formasi tersebut.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014