Ketua Tim Pemenangan pasangan calon atau Paslon Bupati - Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Haji Rusli - Tuan Guru Haji M Fadhlan Asy'ari  yang keduanya dengan singkatan "RF" itu, M Chairil Anwar berpendapat, Paslonnya sarat pengalaman.

H Rusli bersama KH M Fadhlan Asy'ari yang akrab dengan sapaan Guru Fadhlan salah satunya dari tiga Paslon Bupati -Wakil Bupati (Wabup) yang berlaga pada Pilkada Kabupaten Banjar Tahun 2020, ungkapnya dalam keterangan pers di Martapura, Sabtu.

Menurut Ketua Tim Pemenangan Paslon RF tersebut, Paslonnya yang menggunakan slogan "Banjar Manuntung" (Mandiri, Santun dan Gotong Royong) itu sudah sejak lama berkecimpung di "Bumi Barakat" Banjar.

Barakat merupakan motto daerah Kabupaten Banjar yang berdiri sejak awal tahun 1950-an berasal dari bahasa daerah Banjar dengan pengertian daerahnya bersama seluruh penduduk setempat penuh berkah/berkat (Barakat).

Sedangkan slogan Banjar Manuntung bagian dari visi misi pasangan Umara (Rusli) dan Ulama (Fadhlan) yang inti dari pengertian tersebut bersama-sama memajukan Banua (daerah) hingga akhir masa jabatan.

Ia menjelaskan, kata santun itu berarti berakhlakul karimah yang banyak masyarakat Banjar terapkan, karena keterkenalan keregiusannya atau sifat dan sikap agamais.

"Kemudian gotong royong sesuai dengan perintah ajaran Islam yaitu saling bantu membantu dalam kebaikan. Hal itu sama dengan konsep kenegaraan kita,” ungkap laki-laki berjabis yang bergelar sarjana pendidikan Islam (SPdI) tersebut.

Politikus Partai Golkar itu lebih jauh menjelaskan, duet Haji Rusli - Guru Fadhlan sama-sama memiliki segudang pengalaman, dan prestasi masing-masing, sehingga bersatunya kedua pasangan tersebut merupakan kombinasi yang sangat pas.

Sebagai contoh H Rusli sarat pengalaman dalam bidang pemerintahan, pernah anggota Komisi C DPRD Banjar periode 2004-2009. Kemudian Ketua DPRD Banjar selama dua periode (2009-2019), dan terakhir anggota DPRD Kalsel.

Selain itu, H Rusli aktif dalam organisasi di antaranya, Pimpinan Partai Golkar Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Banjar, Ketua DPD Partai Golkar periode 2009 hingga sekarang.

Sementara itu, Guru Fadhlan memiliki pengalaman, seperti pengajar Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura (40 kilometer dari Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Banjar, serta pengajar Diniyah pada beberapa masjid dan majelis taklim.

Guru Fadhlan yang juga masih hubungan keluarga dengan almarhum Tuan Guru Haji Muhammad Zaini Abdullah Ghani atau Guru Sakumpul Martapura itu aktif dalam organisasi seperti, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banjar periode 2016-2021.

Kemudian Ketua Rois Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar periode 2017-2022, Wakil Ketua III Ponpes Darussalam periode 2015–hingga kini, demikian Chairil Anwar.
M Chairil Anwar, Ketua Tim Pemenangan Paslon Bupati - Wakil Bupati Banjar, Kalsel pada Pilkada 2020, H Rusli - KH M Fadhlan Asy'ari. (Istimewa)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020