Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima kunjungan dari Tim Kementerian Kesehatan (Kemenkes)  Republik Indonesia (RI) yang dipimpin Kasubdit Surveilans Ditjen P2P Kemenkes RI, Endang Murni.

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS  H M Noor, di Kandangan, mengatakan berterimakasih atas dukungan dan kunjungan dari Kemenkes RI di HSS, untuk dapat melihat secara langsung kondisi di HSS dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Upaya yang telah dilakukan Pemkab HSS selama masa pandemi dimulai dari diadakannya soisalisasi dari dokter dan Dinas Kesehatan HSS, tentang COVID-19, bahkan ketika belum adanya kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia," katanya, Kamis (1/10) lalu. 

Baca juga: Sekda HSS ikuti Rakernas Forsesdasi tahun 2020

Dijelaskan dia, tindakan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan di tempat umum, pasar-pasar yang menjadi tempat berkumpul masyarakat. Selain itu juga ada pembagian masker kain dari Pemkab HSS bekerjasama dengan seluruh pihak, tak terkecuali dengan para pengusaha yang turut membantu, juga dari TP PKK HSS.

Langkah tegas diambil Pemkab HSS dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 untuk mendisiplinkan masyarakat HSS. Penerapan Perbup Nomor 44 tersebut bertujuan untuk mempercepat pengendalian COVID-19 di HSS menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari warga HSS.

"Refocusing anggaran juga dilakukan untuk penanganan COVID-19 di HSS. Hal ini menunjukkan keseriusan Pemkab HSS dalam menghadapi wabah COVID-19," katanya.

Kasubdit Surveilans Ditjen P2P Kemenkes RI, Endang Murni, mengatakan tujuan dari diadakan kunjungan ke HSS, untuk mengetahui sejauh mana upaya yang telah dilakukan Pemkab HSS dalam menanangani wabah COVID-19.

Baca juga: Sekda HSS pimpin rapat evaluasi penunjukan bank pemegang kas daerah

Menurut dia, mengapresiasi Bupati, Wakil Bupati, Sekda HSS dan seluruh jajaran yang telah terlibat dalam upaya penanganan COVID-19. Ucapan terimakasih dan rasa bangga kepada seluruh dokter dan tenaga kesehatan yang telah bertugas, berjuang untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Terkait dengan peralatan kesehatan yang masih kurang dan dibutuhkan, kami dari Kemenkes akan membantu prosesnya sehingga bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, terutama kelengkapan ruang peralatan medis di ruang isolasi RSUD H. Hasan Basry dan RSUD Daha Sejahtera," katanya.

Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan HSS Siti Zainab, Direktur RSUD H. Hasan Basry Kandangan Hj Rasyidah, Direktur RSUD Daha Sejahtera, Kepala BPBD HSS, Perwakilan TP. PKK HSS, Perwakilan Dinkes Kalsel, perwakilan BTKL Kalsel, Perwakilan IDI HSS, Perwakilan IAKMI HSS, dan Dewan Kesehatan HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020