Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H.M Noor mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah (Forsesdasi) se-Indonesia Tahun 2020 secara virtual di ruang rapat Sekda, Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Muhammad Hudori, mengatakan tema pada rakernas adalah "Peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan publik untuk mewujudkan Indonesia maju".

"Dari tema ini beberapa pesan yang harus menjadi perhatian bagi sekda provinsi maupun sekda di kabupaten atau kota seluruh Indonesia dalam upaya percepatan penanganan COVID-19, peningkatan kualitas percepatan pelayanan publik, untuk sukseskan Pemilihan Kepala Daarah Serentak tahun 2020," katanya, Rabu (30/9).

Baca juga: Sekda HSS pimpin rapat evaluasi penunjukan bank pemegang kas daerah

Dijelaskan dia, dalam penanganan COVID-19, pemerintah telah mengambil kebijakan melalui program pemulihan nasional, sebagai respon aktif meredam COVID-19, khususnya pada sektor ekonomi.

Salah satu upayanya dalam koridor nasional adalah melakukan realokasi dan refocusing anggaran APBN agar tahan terhadap krisis, berkaitan dengan hal tersebut Kemendagri telah memberikan dukungan bagi pemerintah daerah yang difocuskan pada penyebaran COVID-19.

Dukungan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, pemulihan ekonomi dan jaring pengamanan sosial, pihaknya berharap kepada para sekda sebagai ketua tim anggaran di daerah, untuk dapat memaksimalkan kinerja dan realokasi anggaran serta refocusing kegiatan pada pemerintah daerah.

Baca juga: Mendagri minta kepala daerah tunjuk pejabat tangani program Pertashop

"Kami juga mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar bersikap netralitas dalam Pilkada. kurangi kerumunan massa, pilkada harus aman, tertib, lancar dan bebas dari penularan COVID-19," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti Sekda HSS didampingi Inspektur HSS Rusmajaya dan Kepala Bagian Orpad Auliya Sofi Azmi, rakernas dibuka secara langsung oleh Sekjen Kemendagri mewakili Mendagri Muhammad Tito Karnavian secara virtual dari  Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri.

Menghadirkan narasumber Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Dwi Wahyu Atmaji dan Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah Dadang Kurnia.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020