Kepala Desa Liang Anggang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut Sukiman berkeinginan Desa Liang Anggang menjadi desa mandiri dan hijau.

"Berkaitan dengan upaya itu, kami menargetkan 10 ribu pohon untuk ditanam di lahan pemukiman, lahan-lahan kosong termasuk disamping jalan protokol,"ujar Kades Liang Anggang Sukiman, Kamis (1/10).

Menurut dia, pihaknya juga menginginkan di seluruh wilayah Desa Liang Anggang hijau.

"Jenis pohon yang ditanam adalah tanaman buah dan tanaman hutan. Untuk tanaman buah seperti, durian, cempedak, alfukat, cempedak, jambu kristal,"ungkapnya.

Bahkan, sebut dia, pihaknya sudah dijanjikan dari persemaian provinsi mendapatkan bibit rambutan dan lengkeng.

"Kami berharap kedepan Desa Liang Anggang menjadi desa mandiri dapat terwujud,"terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, apabila semua kawasan di wilayah Desa Liang Anggang hijau, maka masyarakatnya merasa tenang dan dingin.

Selain melakukan penanaman pohon, sambung dia, pihaknya juga mengundang perwakilan perusahaan yang ada di wilayah Desa Liang Anggang dan Bupati Tanah Laut H Sukamta, Dinas Tenaga Kerja Ranah Laut serta BPMD Tanah Laut.

"Salah satu tujuannya mengundang Pemkab Tanah Laut dan perwakilan perusahaan agar sinergitas dapat berjalan dengan baik,"tandasnya.

Sementara, Bupati Tanah Laut, H Sukamta apresiasi segala rencana dan gagasan besar Kepala Desa Liang Anggang  untuk memajukan desa melalui pemanfaatan potensi desa. 

"Hendaknya upaya memajukan desa ini didukung semua masyarakat, BPBD Desa dan Stakeholder, " tegas Sukamta, di sela Kegiatan Penanaman Pohon dan Koordinasi Antara Aparat Desa dengan Perusahaan, di Kantor Desa Liang Anggang.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020