Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyampaikan penunjukkan salah satu pejabat yang khusus menangani masalah program Pertashop, bisa sekda atau kepala bappeda, dan akan berkoordinasi di tingkat pusat untuk pejabat yang paling tepat.

Ia mengatakan, pejabat yang ditunjuk ini, baik di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten dan kota, bertugas khusus menangani masalah Pertashop, ia meminta tolong kepala daerha untuk menunjuk pejabatnya bertugas khusus dalam program Pertashop ini.

"Pejabat yang ditunjuk nanti segera melakukan koordinasi, kalau perlu kumpulkan para kepala desa, melalui virtual atau langsung dengan protokol kesehatan pencegahan virus COVID-19," katanya, dalam arahan secara video conference, Selasa (9/9).

Baca juga: Pertamina pastikan di 7.196 kecamatan, masing-masing minimal satu outlet pelayanan

Dijelaskan dia, upaya ini untuk mendorong mereka untuk siap menerima program pertashop, masalah tanah dan lain-lain, kemudian yang sudah siap segera direkap dan kemudian ajukan melalui jalur langsung atau jalur online untuk mendaftarkan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Direktur PT Pertamina beserta jajarannya, yang telah berinisiatif sekaligus bekerja keras untuk mengeksekusi dengan sangat konsisten program ini.

Program ini yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan pihaknya tentu wajib menyambut jaringan market pertamina yang lebih luas, sesuai semboyan Pertamina adalah milik kita, milik bangsa, BUMN Milik Negara.

"Keuntungan bersama antara pertamina dengan pemerintah dan masyarakat semua menikmati semua diuntungkan dengan program Pertashop ini," katanya.

Baca juga: Badan PB Kesbangpol HSS ingatkan pertamini berpotensi kebakaran

Ia juga mengingatkan, kepala daerah adalah pembina para kepala desa, meskipun kepala desanya dipilih oleh rakyatnya, posisi gubernur, bupati, walikota tetap pembina para kepala desa, dan desa adalah bagian daripada wilayah di mana kepala daerah adalah pimpinannya.

Video conference dalam rapat koordinasi pusat dan daerah diikuti Sekretaris Daerah HSS, H Muhammad Noor, dalam rangka percepatan pelaksanaan program Pertashop yang merupakan kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina persero tahun 2020.

Dibuka langsung Mendagri, dihadiri Komisaris PT Pertamina persero Condro Kirono, Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, gubernur, bupati dan walikota se Indonesia, jajaran Kemendagri, pejabat pimpinan tinggi madya kementerian dalam negeri, Direksi PT Pertamina beserta jajaran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020