Ketua Tim Kampanye Pemenangan Pasangan Calon (Paslon) H Saban Effendi dan H Abdillah Alaydrus (Sabil), Abdul Rahman AZ, menyampaikan program ke depan apabila Sabil terpilih, ingin tingkatkan pertanian di wilayah rawa, Mantaas, Sungai Buluh dan Awang Landas serta ini akan membuka desa yang terisolir dan tertinggal.

Ia mengatakan, mewakili tim kampanye dari Pasangan Sabil setelah melakukan kunjungan langsung ke beberapa desa tersebut melihat ada banyak potensi yang bisa dikembangkan terutama dari bidang pertanian, perikanan dan pariwisata.

"Begitupun masih ada lahan tidur yang tidak produktif, sehingga ke depannya bisa digarap warga untuk kesejahteraan masing-masing keluarga, kami sudah pula memperjuangkan masalah ini sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)," katanya, di Barabai, Jum'at (25/9) sore.

Dijelaskan dia, juga ingin mengajak masyarakat jangan lagi melakukan penangkapan ikan dengan penyetruman untuk menjaga kelestarian potensi perikanan, dan mengalihkannya dengan budidaya ikan sehingga dapat didampingi secara berkelanjutan.

Baca juga: Video-Unik Pilkada HST urut satu sampai tiga paslon perseorangan, empat dan lima jalur parpol

Terkait visi misi Sabil, di bidang pariwisata di daerah rawa tersebut dapat dikembangkan wisata perairan, dibuat titian sehingga menjadi obyek wisata tempat pemancingan serta kerbau rawa.

Pihaknya melihat sebenarnya jarak dari Sungai Buluh menuju Awang Landas itu cuma lima kilometer, yang saat ini menjadi salah satu desa terisolir dan terpencil namun karena sulitnya akses menuju kesana, karena harus menggunakan transfortasi air seperti perahu atau jukung.

"Untuk membuat jalan darat tentunya tidak memungkinkan di buat disana, maka akan lebih baik dibuat titian menuju desa, sehingga warga kita di sana dapat juga menikmati pembangunan dan bisa hidup normal seperti masyarakat di daerah lainnya," katanya, yang juga Ketua Komisi III bidang pembangunan DPRD HST.

Menurut dia, masyarakat di sana masih belum bisa mendapatkan penerangan dari PT PLN, sehari-hari menggunakan tenaga listrik surya yang terbatas, sehingga kalau listrik bisa masuk, mereka bisa memiliki TV, Kulkas dan peralatan elektronik lainnya, disamping akses masuk menuju desa lebih mudah.
 
Ketua Tim Kampenye Paslon Sabil, Abdul Rahman AZ (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Video-Nomor urut empat, Paslon Sabil yakin takdir Allah terbaik raih kemenangan

Dan program ini akan bisa terealisasi apabila Sabil terpilih dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, maka ia mengajak dan menggalang dukungan untuk memenangkan Sabil, kemenangan Sabil dengan koalisi besar di DPRD HST akan menciptakan hubungan harmonis antara pihak legeslatif dan eksekutif.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Awang Landas, Jantera, mengatakan harapannya agar infrastruktur pembangunan juga bisa sampai ke sana, selama ini masyarakat kesusahan apalagi menghadapi masa air tinggi, sering gelombang air menghantam dan merusak rumah warga.

"Kami berhadap pemerintah bisa membuat kerukan atau lainnya, sehingga masyarakat kami bisa makin sejahtera karena memang kami tinggal dan bermukim di sini, walaupun rata-rata rumah penduduk di atas air, dan ada yang masih tinggal di rumah lanting," katanya.
 
Silaturrahmi Anggota DPRD HST bersama Warga Awang Landas (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020