Lembaga layanan pendidikan tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan meminta seluruh PTS mengoptimalkan penggunaan aplikasi pelayanan daring untuk memudahkan pelayanan bagi PTS dan terkait lainnya terutama dalam layanan surat menyurat saat pandemi COVID-19.

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan Dr Muhammad Akbar di Banjarmasin Kamis mengatakan, pada Rabu (23/9/2020) pihaknya kembali melakukan bimbingan teknis pelayanan aplikasi daring.

Menurut dia, pandemi COVID-19 yang kini sedang terjadi di dunia, mendorong seluruh PTS di wilayah Kalimantan harus segera melakukan adaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi.

Salah satunya adalah perubahan dalam bidang administrasi termasuk dalam surat menyurat, baik surat masuk maupun keluar.

Mendorong agar PTS lebih cepat beradaptasi dalam perubahan pola komunikasi dan adimistrasi tersebut, tambah Akbar, maka LLDIKTI menyelenggarakan bimbingan teknis untuk mengoptimalkan kembali persuratan berbasis daring menggunakan aplikasi berbasis web yang dimiliki oleh LLDIKTI Wilayah XI.

Acara bimbingan teknis persuratan secara daring 
untuk PTS regional Kalimantan Barat tersebut diikuti unsur pimpinan PT yang menangani bidang umum, Pengeloa Persuratan, Operator IT yang mengelola persuratan dan staf.

Akbar berharap, melalui bimbingan teknis ini, akan mampu mempercepat upaya peningkatan pelayanan administrasi PTS secara daring, sehingga COVID-19 tidak menjadi hambatan untuk melakukan komunikasi maupun pekerjaan lainnya. 

"Mau tidak mau, seluruh PTS harus segera mengembangkan pelayanan administrasi berbasis web atau digital komunikasi, sehingga lebih baik dan bagus serta bermutu," katanya.

Pada bimbingan teknis kali ini, LLDIKTI menghadirkan nara sumber yaitu M Najamudin Ridha pengajar STIMIK Indonesia Banjarmasin.

Najamudin memberikan materi tentang aplikasi persuratan online LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan.

Selama masa pandemi COVID-19, LLDIKTI telah melakukan berbagai kegiatan terkait upaya peningkatan kualitas PTS di wilayah Kalimantan, dengan menghadirkan berbagai nara sumber yang kompten dibidangnya.

Menurut Akbar, berbagai kegiatan tersebut, penting dilakukan, untuk mendukung PTS agar mampu eksis dalam menghadapi berbagai perubahan seperti yang terjadi saat ini.

Sebelumnya, Akbar mengungkapkan, saat ini persaingan PTS cukup ketat, apalagi peraturan sistem pendidikan juga semakin ketat, sehingga seluruh pihak terkait, harus mampu mengikuti setiap perubahan yang terjadi dengan cukup cepat.

Mendukung PTS untuk bisa mengatasi berbagai tantangan tersebut, kata dia, LLDIKTI telah menyelenggarakan workshop untuk meningkatkan sumber daya manusia PTS.

Untuk diketahui LLDikti Wilayah XI telah memiliki banyak aplikasi daring untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada PTS khususnya di Kalimantan misalnya saja persuratan daring yang saat ini di sosialisasikan kembali kemudian sistem informasi pengajuan jabatan fungsional daring, penyampaian beban kinerja dosen untuk mempercepat proses pembayaran sertifikasi.



 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020