H Rusli seorang anak petani kelahiran Jambu Burung merupakan daerah pesisir selatan Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang berobsisi  memajukan "Banua" atau kabupatennya.

Sebagai salah satu upaya pemenuhan obsisinya, laki-laki kelahiran Tahun 1958 berbintang Leo itu, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Banjar 2020 ikut mencalonkan diri untuk menjadi Bupati setempat.

Menurut mantan Ketua DPRD Banjar dua periode itu, kabupatennya yang mendapat julukan "Bumi Seribu Masjid" dan menggunakan motto daerah "Barakat" tersebut masih berpotensi untuk lebih maju lagi.

Kata Barakat berasal dari bahasa daerah Banjar Kalsel yang bahasa Indonesianya "berkah atau berkat" dengan pengertian dan harapan Kabupaten Banjar yang berdiri sejak awal tahun 1950-an itu penuh berkah (Barakat).

Namun untuk mengubah Kabupaten Banjar dengan ibu kotanya Martapura (40 kilometer timur laut Banjarmasin) yang berjuluk "Serambi Mekkah" Kalsel itu lebih maju lagi harus seorang eksekutor dalam hal ini menjadi orang nomor satu di jajaran pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat.

Menurut mantan anggota DPRD Kalsel periode 2019 - 2024 itu, untuk lebih memajukan Kabupaten Banjar dengan ibu kotanya juga berjuluk "kota intan" tersebut, perlu kebersamaan atau gotong royong yang merupakan sifat/sikap luhur dari para pendahulu.

"Walau mendapat suara terbanyak saat mencalon anggota DPRD Kalsel atau pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, tetap perlu kebersamaan dalam membangun negeri, terlebih untuk memajukan," ujar laki-laki yang bergelar SAP dan MM itu.
Pasangan bakal calon Bupati Banjar, Kalsel pada Pilkada 2020,H Rusli dan KH M Fadlhan Asy'ari (pakai surban). (Istimewa)

Oleh sebab itu, sebagai langkah awal mewujudkan kebersamaan, anak petani dari Jambu Burung (hingga akhir tahun 1970-an ke Jambu Burung harus menggunakan angkutan air/sungai, kini sudah bisa kendaraan bermotor roda empat) tersebut menggandeng KH M Fadlhan Asy'ari.

Tuan Guru Haji Fadhlan Asy'ari seorang ulama dan pengajar pada Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Martapura merupakan Ponpes tertua di "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" atau "Bumi Lambung Mangkurat" Kalsel.

Dalam mencalon menjadi pemimpin daerah Kabupaten Banjar tersebut partai politik (Parpol) pengusung pasangan H Rusli dan Fadhlan (RF) itu Partai Golkar, PPP, Gerindra, PDIP, PAN dan PKS.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020