Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Anggota DPRD Kalimantan Selatan periode 2009 - 2014 yang berjumlah 55 orang belum semua menyerahkan inventaris lembaga legislatif tingkat provinsi tersebut.

Sekretaris DPRD (Sekwan) Kalsel H Syariful Hanafi melalui Kabag Tata Usaha H Fitri Zul, Minggu menerangkan, sebagian besar anggota legislatif tingkat provinsi periode 2009 - 2014 itu sudah mengembalikan inventaris, tinggal sedikit lagi yang belum menyerahkan.

Namun dia tak bisa merinci inventaris DPRD Kalsel yang bersifat pinjaman itu sudah dan belum kembali, kecuali mengatakan, batas pengembalian hingga akhir masa bakti mereka, 8 September 2014.

"Inventaris DPRD Kalsel yang bersifat pinjaman atau hak pakai itu berupa Ipad masing-masing anggota satu unit. Sedangkan mobil hanya buat fraksi dan alat kelengkapan dewan," ungkapnya.

Mengenai mobil yang diperuntukan bagi fraksi dan alat kelengkapan DPRD Kalsel, dia menyatakan, belum satupun yang menyerahkan kepada Sekretariat Dewan (Setwan) sampai saat ini.

"Memang ada mobil dari fraksi dan alat kelengkapan dewan yang sudah nongkrong di tempat parkiran DPRD Kalsel, tapi belum ada serah terima secara resmi," ujarnya.

"Mobil yang sudah lama nongkrong di parkiran DPRD Kalsel itu dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan nomor polisi DA 3207 dan dari Badan Legislasi (Banleg) DA 3204," lanjutnya.

Ia menyebutkan, mobil berupa Kijang Innova itu untuk fraksi ada delapan unit, komisi-komisi empat, dan alat kelengkapan dewan lainnya Banleg dan Badan Kehormatan (BK) DPRD Kalsel masing-masing satu unit.

Selain itu, mobil untuk pimpinan DPRD Kalsel yang terdiri ketua (Partai Golkar) dan tiga wakil (Partai Demokrat, PPP dan PKS) masing-masing masih menggunakan, demikian Fitri.

Sementara itu salah seorang anggota DPRD Kalsel Habib Hasan Al Habsyie dari PKS saat mengembalikan Ipad menyatakan, karena barang inventaris wajib mengembalikan.

Padahal politisi PKS dari daerah pemilihan (dapil) V Kalsel yang meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu, kembali terpilih menjadi anggota legislatif tingkat provinsi tersebut untuk periode 2014 - 2019.

Sebelumnya atau pada Pemilu legislatif tahun 2009, Habib Hasan dari dapil IV Kalsel yang meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014