Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan rehabilitasi sarana dan prasarana berupa ruang kelas dan lapangan SMPN 1 Daha Barat di Desa Bajayau, Kecamatan Daha Barat.

Ia mengatakan, kini SMPN Daha Barat sudah memiliki lapangan yang luas, selain dapat digunakan untuk upacara, lapangan ini pastinya bisa juga digunakan untuk berolahraga atau melaksanakan pembelajaran di luar ruangan.

"Kami merasa bersyukur dan berbahagia karena hari ini bisa menyaksikan dan meresmikan rehab ruang kelas yang habis terbakar setahun yang lalu," katanya didampingi Kepala Dinas Pendidikan HSS Hj Siti Erma, Kamis (17/9) pagi.

Baca juga: Berikan ruang dan kreatifitas seniman, Disdik HSS hadirkan peragaan virtual japin

Dijelaskan dia, meskipun proses belajar mengajar secara tatap muka belum dilaksanakan, namun diharapkan dengan diresmikannya rehab ruang kelas dan lapangan ini dapat membantu proses belajar mengajar, maupun berbagai aktivitas lain dari siswa SMPN 1 Daha Barat.

Dan terkait dengan potensi musibah kebakaran, ia menyarankan pihak sekolah untuk membuat parit atau selokan di sekeliling bangunan sekolah, untuk mengantisipasi menyebarnya api ke bangunan sekolah.

Sertanya nantinya kalau parit dan selokannya cukup dalam, maka tentunya bisa dimanfaatkan menjadi kolam ikan sehingga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman tersendiri bagi para siswa dan menunjang suasana pembelajaran.

Baca juga: BOS di HSS diminta dianggarkan untuk pulsa anak-anak kurang mampu

Kepala SMPN 1 Daha Barat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu, baik dari proses pembangunan hingga terlaksananya acara peresmian ini.

"Terutama kepada Bupati HSS yang telah bersedia dan meresmikan secara langsung sarana dan prasarana SMPN 1 Daha Barat ini, dan Kepala Dinas Pendidikan HSS beserta jajarannya yang selama ini telah banyak berikan motivasi, dukungan moril dan materi," katanya.

Menurut dia, agar musibah kebakaran lahan gambut yang turut menghanguskan ruang kelas tidak terjadi lagi seperti tahun sebelumnya, pihaknya mengaku sudah mempersiapkan penanggulangan secara dini musibah kebakaran, dengan membersihkan lahan gambut di sekitar bangunan sekolah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020