Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Sebuah organisasi kemasyarakatan beranggota kaum perempuan bernama "Laskar Galuh Pahuluan" dideklarasikan dan siap mewarnai dunia perpolitikan menjelang pemilihan kepala daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel).


"Pembentukan "Laskar Galuh Pahuluan" memiliki tujuan di bidang politik yakni mendukung perempuan terjun ke dunia politik," ujar Ketua "Laskar Galuh Pahuluan" Nor Wahidah di Kota Banjarbaru, Minggu.

Dijelaskan, "Galuh" merupakan sebutan masyarakat suku Banjar bagi perempuan dan "Pahuluan" adalah sebutan terhadap beberapa kabupaten di sebelah timur Kalsel yang dikenal dengan sebutan kawasan Pahuluan.

Ia mengatakan, pengurus "Laskar Galuh Pahuluan" terutama di daerah Pahuluan atau kawasan Banua Anam di Provinsi Kalsel sudah dikukuhkan dan telah aktif menjalankan roda organisasi kemasyarakatan tersebut.

"Kepengurusan LGP se-Banua Anam sudah dikukuhkan di Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan pengukuhan diisi pernyataan sikap sebagai tujuan utama pembentukan organisasi," ungkapnya.

Disebutkan, pernyataan sikap yang disampaikan yakni langkah LGP yang ingin terlibat dalam perkembangan politik, disamping mendukung dan mengapresiasi gerakan politik yang melibatkan perempuan secara aktif.

Pernyataan sikap ketiga adalah mendukung Nor Wahidah maju sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur baik melalui jalur partai politik atau perseorangan pada Pilkada Kalsel yang di gelar pada pertengahan 2015.

"Ketokohan Nor Wahidah di bidang pendidikan dan kesehatan sudah terbukti karena menjabat sebagai Direktur Akademi Kebidanan Marta Berlian Husada Martapura Kabupaten Banjar," isi pernyataan ketiga.

Sedangkan pernyataan keempat yakni aktif mencari dukungan baik jalur perseorangan atau jalur partai politik demi suksesnya perempuan menjadi bakal calon bupati dan wakil bupati terutama di Banua Anam.

Sementara itu, Nor Wahidah secara tegas menyatakan kesiapannya maju sebagai bakal calon gubernur/wakil gubernur Kalsel dan siap mendukung perempuan terjun ke dunia politik memperjuangkan hak perempuan.

"Dukungan LGP menjadi motivasi kami mencalonkan diri sebagai bakal cagub/cawagub Kalsel dan semoga diberikan Allah SWT petunjuk serta mendapat seluruh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014