Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru menyatakan dua bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Banjarbaru memenuhi syarat pencalonan sehingga melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

"Dua bakal pasangan calon memenuhi syarat pencalonan, sedangkan satu pasangan belum memenuhi syarat karena pemeriksaan kesehatan belum dilakukan keduanya," ujar Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat. 

Menurut Hegar, pihaknya sudah menyerahkan berita acara hasil verifikasi syarat calon wali kota dan wakil wali kota dalam rapat pleno terbuka yang dilaksanakan di Kantor KPU Banjarbaru, Senin. 

Disebutkan, penyerahan berita acara dihadiri dua bapaslon wali kota dan wakil wali kota Martinus-Darmawan Jaya serta bapaslon wakil wali kota AR Iwansyah yang datang tanpa bakal calon wali kota Gusti Iskandar. 

"Kami tidak mengundang pasangan calon Aditya Mufti Ariffin dan Wartono karena mereka belum memeriksa kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin. Dijadwalkan pemeriksaan keduanya pada 17 September 2020," ucapnya.

Dikatakan, tahapan selanjutnya yang dilakukan KPU adalah mempersiapkan  penetapan calon pada 23 September 2020 disusul sehari setelahnya akan dilakukan pengambilan nomor urut pasangan calon kepala daerah. 

"Kami bersyukur tahapan pilwali bisa berjalan lancar sampai sejauh ini dan diharapkan semuanya tetap lancar menjelang penetapan calon hingga akhirnya pada hari pemilihan tanggal 9 Desember 2020," kata Hegar. 

Sementara itu, bapaslon Haji Martinus dan Darmawan Jaya Setiawan merasa senang dan sangat bersyukur syarat pencalonan mereka memenuhi syarat sehingga tinggal menunggu tahapan lanjutan sesuai jadwal KPU setempat. 

"Kami bersyukur sudah memenuhi syarat pencalonan. Doakan semua lancar, kita semua sehat dan bisa mengikuti pilwali dengan tenang, damai dan kondusif," ujar Martinus yang diiyakan Darmawan Jaya. 

Senada, AR Iwansyah mengatakan, pihaknya menunggu tahapan lanjut sesuai agenda KPU karena seluruh syarat pencalonan sudah terpenuhi tanpa ada perbaikan yang dilakukan terhadap berkas yang diserahkan. 

"Kami mengalir saja, administrasi alhamdulillah sudah lengkap semua sehingga tinggal menunggu tahapan lebih lanjut yakni penetapan calon dan nomor urut," ujar pasangan Gusti Iskandar yang berhalangan hadir. 


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020