Dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) atau Legislatif, Zairullah Azhar dan Syafrudin H. Maming siap bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan periode 2020-2025.

Zairullah Azhar merupakan bakal calon Bupati Tanah Bumbu yang sudah terdaftar di KPU setempat dengan dukungan lima partai politik diantaranya Partai Kebangkitan Bangsan (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasional Demokrat (Nasdem) Dengan rincian jumlah kursi di DPRD mencapai 15 kursi.

Sedangkan Syafrudin H. Maming bakal calon Bupati yang diusung oleh tiga partai politik diantaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan jumlah kursi di DPRD sebanyak 20 kursi.

Dua kontestan tersebut merupakan putra terbaik asal Tanah Bumbu, sebab mereka merupakan angggota DPR yang terpilih pada pilleg 2019 dan satu fraksi di Komisi VII.

Yang lebih menarik adalah, Zairullah Azhar merupakan mantan bupati pertama Kabupaten Tanah Bumbu periode 2003-2005.

Karirnya dibidang politik juga pernah menjadi Plt Ketua DPRD kota Banjarmasin, Bupati Tanah Bumbu periode 2005-2010 dan anggota DPR RI dari Fraksi PKB. Dan dalam organisasi kepemudaan, Zairullah juga pernah memimpin Ketua KNPI Kalimantan Selatan.

Pasangan Zairullah Azhar-M Rusli nampaknya semakin optimis mampu memenangi perebutan kursi kepala daerah di Pilkada Tanah Bumbu 2020 ini.

Ketua DPC PKB Tanah Bumbu H Hasanuddin, di Batulicin Ahad mengatakan, banyak dukungan masyarakat terhadap pak Zairullah untuk meneruskan pembangunan di daerah yang berjuluk "Bumi Bersujud".

"Kami meyakini, dukungan masyarakat terhadap pak Zairullah-M.Rusli untuk memimpin Tanah Bumbu mencapai 75 persen," katanya.

Dukungan masyarakat tersebut tentu mempunyai alasan tak sembarang. Kepercayaan masyarakat terhadap Pak Zairullah untuk mengabdi kembali sebagai kepala daerah rasanya tak pernah pudar. Karena sebalumnya waktu mempimpin Tanah Bumbu sudah terbukti mampu membangun kota dan desa.

"Kami yakin dan optimis Pak Zairullah siap bertarung diPilkada Tanah Bumbu periode 2020,"ujar Hassanuddin.

Sementara Itu, ketua DPC PDIP Tanah Bumbu Saipul Rahman juga mengatakan, pihaknya sangat optimis mengusung Syafrudin H. Maming untuk memenangkan Pilkada di "Bumi Bersujud"

"Kami prediksi mencapai 70 persen masyarakat Tanah Bumbu mendukung Syafrudin H. Maming untuk menjadi kepal daerah dan kandidat kami siap bertarung pada Pilkada 2020," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020