Sosialisasi protokoler kesehatan mewarnai resepsi perkawinan putri dari H Supian HK (Ketua DPRD Kalimantan Selatan/Kalsel) di Rattan Inn Banjarmasin, Ahad.

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, melaporkan, sosialisasi secara langsung protokol kesehatan itu terlihat dari penyambut tamu/undangan resepsi perkawinan tersebut memakai sarung tangan, masker serta alat pelindung muka.

Begitu pula tamu/undangan relatif tidak bisa bersalaman, baik dengan pengantin maupun orang tua kedua mampelai karena pengaturan jarak, kecuali orang-orang yang dianggap hubungan dekat berfoto bersama di "pelaminan" (tempat pengantin bersanding).

Sebelum masuk ruangan para tamu/undangan terlebih dahulu memeriksakan suhu badan serta membersihkan tangan dengan "handsenitizer" (cairan pembersih).

Selain itu, setiap tamu/undangan mendapatkan masker serta handsenitizer ukuran kecil masing-masing satu buah, kendati mereka yang datang tersebut sudah memakai masker serta membersihkan tangan dengan handsenitizer yang tersedia.
Alat pelindung diri (APD) yang dibagi-bagikan kepada tamu/undangan resepsi perkawinan putri dari H Supian HK (Ketua DPRD Kalsel) di Rattan Inn Banjarmasin, 13 September 2020. (Syamsuddin Hasan)

Keadaan serupa atau sama dalam penerapan protokol kesehatan pada perwakinan putri H Hormansyah (Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel) di Gedung Serbaguna Banua Anyar - Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin pada waktu yang sama pula.

Sebelumnya Ketua DPRD Kalsel DR (HC) H Supian HK SH MH itu menyatakan, penerapan protokol kesehatan dan perlindungan diri dari kemungkinan terjangkitnya wabah virus Corona atau COVID-19 merupakan keniscayaan.

"Oleh sebab itu, saya 'kada muyak-muyaknya' (tidak bosan-bosannya) mengingatkan protokol kesehatan kepada masyarakat, walaupun berulang kali," tegas politikus senior Partai Golkar tersebut.

"Termasuk dalam setiap kesempatan sejauh memungkinkan saya juga memberi/membagi-bagikan alat pelindung diri (APD) sebagai salah satu pencegahan agar terhindar dari COVID-19," demikian Supian HK.

Pada acara resepsi perkawinan anak dari kedua tokoh DPRD Kalsel  asal Amuntai (185 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) itu suguhan untuk tamu/undangan beragam kuliner khas daerah setempat.
Suasana resepsi perkawinan putri dari H Hormansyah (Ketua Fraksi PKB DPRD Kalsel) di Gedung Serbaguna Banua Anyar Banjarmasin, 13 September 2020. (Istimewa)

Sebagai contoh "wadai" (kue) lupis, pais "bajuruh" (air gula) dan "apam batil" (sejenis serabi) yang langsung dimasak di tempat acara tersebut.

Selain itu, seperti di Rattan Inn Banjarmasin menyuguhkan menu khas Rumah Makan "Banua" (milik keluarga Supian HK) berupa burung belibis goreng serta masakan dari daging "minjangan" (rusa).

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020