Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Suara Emas ke-IV Ikatan Persaudaraan Qori dan Qoriah dan Hafiz - Hafizah (IPQAH) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan digelar secara virtual di masa Pandemi Global COVID-19.

Kabupaten Balangan yang berkesempatan menjadi tuan rumah MTQ Suara Emas ke-IV, yang dilaksanakan tanggal 11-13 September 2020, bertempat di Aula Kantor Kemenag setempat, di ikuti oleh para  Qori Dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah se Kalimantan Selatan.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Kalsel yang dibacakan Asisten Administrasi Umum, Adi Santoso mengungkapkan sangat mendukung kegiatan yang digelar oleh Ikatan Persaudaraan Qori Qoriah dan Hafiz Hafizah (Ipqah) Kalsel tersebut.

Menurut Paman Birin, gelaran MTQ ini juga sebagai wujud pembinaan dan regenarasi qati-qari’ah di Kalsel, yang selama ini sudah banyak melahirkan qari-qari’ah berprestasi, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional.

“Semoga melalui kegiatan ini kita dapat mewujudkan generasi yang cerdas, terampil, memiliki kemampuan teknologi informasi, dan juga generasi yang berkarakter, berakhlak mulia, yang berlandaskan Al-Quran dan Sunah Rasul,” ujar Gubernur.

Bupati Balangan H Ansharuddin, selaku penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada pihak Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mempercayakan kepada Kabupaten Balangan sebagai tuan rumah pada MTQ Suara Emas ke - IV. 

"Meski dilaksanakan secara sederhana, semoga hal ini tidak mengurangi nilai dari MTQ ini sendiri," ucap dia.

Ketua Umum PW IPQAH Provinsi Kalimantan Selatan, Murjani A Malik mengatakan, ada beberapa lomba yang nantinya akan diikuti para peserta pada MTQ Suara Emas ke-IV ini.

"Golongan tilawah anak-anak trio putra-putri, kemudian golongan remaja trio putra-putri, dan golongan dewasa trio namun ada yang berpasangan untuk sari tilawah terjemah Qur'an putra-putri," jelas dia.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan MTQ Suara Emas ke-IV dapat melalui ponsel atau pun akun youtube pribadi secara live streaming di channel Youtube Suara Emas IV.

Sementara itu, Ketua Pelaksana MTQ Suara Emas ke-IV IPQAH tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Albani Abbas menyampaikan, persiapan ini dilakukan selama dua bulan dengan segala peralatan yang cukup memadai, demi kesuksesan acara yang akan digelar tersebut.

"Kendala secara virtual ini, yang paling kita antisipasi adalah gangguan jaringan internet, dan dengan usaha panitia yang sudah semaksimal mungkin dalam mempersiapkan acara ini, sehingga segala kemungkinan tersebut telah dipersiapkan berbagai alternatif apabila terjadi gangguan," tutur dia.

Albani menambahkan, untuk peserta yang mengikuti lomba MTQ Suara Emas ke-IV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan ini, juga dilaksanakan secara virtual pada Kabupaten/Kota masing-masing peserta, pungkasnya.


 

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020