Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus dr Yayu Indriaty menyatakan bahwa tahapan pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon Pemilihan Umum kepala daerah Kalimantan Tengah, berlangsung lancar dan hasilnya siap diplenokan serta diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

"Pada 10 September 2020 akan dilakukan rapat pleno terkait hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon. Untuk penyerahan hasil pemeriksaan kesehatan ke KPU, paling lambat 12 September 2020," kata Yayuk di Palangka Raya, Kamis.

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan selama dua hari terhadap bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalteng 2020 berlangsung dengan lancar dan tanpa hambatan.

Sebelumnya, Bakal Calon Gubernur Kalteng Sugianto Sabran didampingi wakilnya Edy Pratowo menyatakan bahwa pemeriksaan kesehatan, khususnya fisik, telah dilakukan oleh tim dokter dan sejauh ini tidak ada masalah serta sesuai harapan. Dan, untuk pelayanannya juga sejauh ini sangat baik serta tidak ada kendala sama sekali.

Dia mengatakan dalam proses pemeriksaan tersebut, dirinya bersama Edy Pratowo juga sempat berbincang-bincang santai dengan Bakal Paslon Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar. Dalam bincang-bincang santai itu, kembali ada komitmen untuk bersama-sama melaksanakan pilkada dengan aman dan damai.

"Dengan berkumpul bersama-sama itu, kami ingin menunjukkan rasa kebersamaan dan kesejukan. Mari kita kampanyekan visi misi, tidak saling menghujat, atau menyebarkan hoax, saling beretika, untuk membangun Kalteng bersama sama kedepanya lebih baik lagi," kata Sugianto.

Bakal Calon alon Gubernur dan Wakil Gubernur Ben Brahim S Bahat-Ujang Isakandar juga mengaku optimis bahwa hasil pemeriksaan kesehatan selama dua hari sangat baik dan sesuai harapan. Meski begitu, dirinya tetap menunggu hasil dari rapat pleno yang dilakukan tim RSUD Doris Silvanus dan disampaikan ke KPU Kalteng.

Dia mengatakan untuk tes jantung, syaraf serta beberapa lainya yang dilakukan oleh tim medis, sudah dijalani dan tidak ada masalah. Ditambah lagi, pengalaman selama ini dalam mengikuti tes, tidak pernah ada mengalami permasalahan, sehingga sudah biasa.

"Kalau mengenai persiapan menghadapi Pilkada, Kami sudah membentuk tim dan sudah siap dan sudah bergerak di seluruh Kabupaten/Kota. Kami juga mengajak semua untuk Pilkada dengan aman, damai dan lancar. Intinya kita semua bersaudara," kata Ben Brahim.

Pewarta: Kasriadi/Jaya W Manurung

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020