Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin mengungkapkan, pemondokan jemaah calon haji asal provinsinya atau dari embarkasi Banjarmasin, di Mekkah berjarak lebih dari tiga kilometer dari Masjdil Haram.


"Sebagian kloter asal embarkasi Banjarmasin, Kalsel, pemondokannya di Mekkah akan menempati wilayah terjauh, yang jaraknya dari Masjidil Haram lebih dari tiga kilomter," ungkapnya kepada wartawan di Banjarmasin, Jumat.

"Pemondokan jemaah calon haji (calhaj) asal embarkasi Banjarmasin itu berdasakan hasil qur`ah atau pencabutan undian pada 6 - 8 Agustus lalu di Kemenag Pusat," lanjutnya seraya menambahkan, untuk kloter dari Kalsel mendapat di wilayah Raudah, Azisiyah dan Syisah.

Ia menerangkan, jarak tiga wilayah pemondokan haji di Mekkah itu ke Masjidil Haram rata-rata terjauh di atas tiga kilometer, yakni Aziziyah 2.200-3880 M, Raudah 1930-3400 M, dan Syisah 2855-3930 M.

"Calhaj asal embarkasi Banjarmasin yang memondok di wilayah Raudah ada empat kloter, Aziziyah tiga kloter, dan Syisah satu kloter," tambahnya.

Sementara itu, tuturnya, jarak kloter keberangkatan embarkasi Banjarmasin yang pemondokannya paling terdekat di Makkah yakni, di wilayah Misfalah jaraknya 780-2310 M. "Pemondokan di wilayah Misfalah ini nanti ditempati jamaah kita kloter delapan," katanya.

Sedangkan pemondokan lainnya di Makkah untuk keberangkatan Embarkasi Banjarmasin berada di wilayah Jarwal jarak dari Masjidil Haram sekitar 1040-2720 M, wilayah Mahbas Jin 1560-2720 M dan wilayah Bakhutman 1970-2350 M.

Pada musim haji 1435 H/2014 M keberangkatan dari Embarkasi Banjarmasin ada 12 kloter terdiri atas sembilan kloter asal Kalsel, dan tiga kloter dari Kalimantan Tengah (Kalteng) yang memiliki embarkasi antara.

Terkait pemondokan calhaj tersebut, tambahnya, jamaah yang mendapat pemondokan jauh dari Mesjidil Haram, yakni di atas 2 kilometer disiapkan trasportasi bis yang beroprasi melayani perjalanan selama 24 jam.

"Bisnya bernama Bis Sholawat, sehingga para jamaah tidak terlalu kepayahan untuk mendatangi Mesjidil Haram," ujar mantak Kepala kantor Kemenag Tanah Laut, Kalsel.

Sebagaimana diketahui, jamaah calon haji Kalsel yang berangkat dari Embarkasi Banjarmasin pada 2014 berjumlah 3.050 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014