Deklarasi pasangan bakal calon (Balon) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor yang juga petahana Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar provinsi setempat dan H Muhidin atau "BIRINMU" direncanakan 5 September 2020.

Fungsionaris Partai Golkar Kalsel DR (HC) H Supian HK SH MH yang juga Ketua DPRD tingkat provinsi tersebut mengemukakan rencana deklarasi pasangan Balon Gubernur setempat BIRINMU itu, di Banjarmasin, Rabu.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu menerangkan, rencana deklarasi pasangan Balon Gubernur bersama wakilnya tersebut di Banjarmasin pada titik nol kilometer.

Dalam deklarasi pasangan BIRINMU sebagai Balon Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalsel itu selain hadir partai politik (Parpol) pengusung, juga dari Parpol pendukung serta undangan lainnya.

"Walaupun deklarasinya di alam terbuka dan akan mengundang orang banyak, untuk pelaksanaannya tetap berpegang pada protokol kesehatan," tegas anggota DPRD Kalsel dua periode itu.

"Sesudah deklarasi dari taman titik 0 (nol) kilometer langsung menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalsel di Jalan A Yani km3 Banjarmasin," lanjutnya menjawab wartawan/anggota Press Room DPRD provinsi setempat.

Ia menambah, pengusung pasangan Balon Gubernur dan Wabug BIRINMU tersebut dari Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang pada DPRD Kalsel itu, dari 55 keanggotaan masing-masing mendapatkan 12 dari delapan kursi.

"Sebenarnya tanpa berkoalisi pun, Partai Golkar memenuhi syarat untuk mengusung sendiri Balon Gubernur dan Wabug. Tatapi kami ingin kebersamaan dalam membangun Kalsel, itulah sebab berkoalisi serta masih menunggu dukungan dari Parol lain," demikian Supian HK.
Anggota Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad. (Syamsuddin Hasan)

Sementara anggota Komisi I DPRD Kalsel H Hasanuddin Murad SH yang mantan anggota DPR RI dari Partai Golkar asal daerah pemilihan provinsi setempat berharap, ada tiga pasangan Balon Gubernur dan Wagub provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Sebab mantan Bupati Barito Kuala (Batola), Kalsel dua periode itu memperkirakan, kalau pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020 ada tiga pasangan Balon Gubernur dan Wagub, peluang BIRINMU besar untuk menang.

"Karena kalau cuma ada dua pasang pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub & Pilwagub) persaingan akan cukup berat," demikian Hasanuddin Murad.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020