Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Resor Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, AKBP Riko Sunarko menilai situasi keamanan dan ketertiban masyarakat cukup kondusif pasca pemilihan calon presiden dan wakil presiden tanggal 9 Juli 2014.


"Sejak sebelum pilpres hingga saat ini, situasi kamtibmas di Banjarbaru kondusif dan diharapkan ketenangan dan kedamaian terus terpelihara agar masyarakat nyaman menjalani hidup," ujarnya di Banjarbaru, Kamis.

Ia mengatakan, situasi kamtibmas yang kondusif bisa tercipta berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat dan para pemangku kepentingan yang saling bekerja sama mewujudkan ketenangan dan kedamaian.

Dijelaskan, peran aktif masyarakat dalam menjaga situasi kondusif sangat menentukan karena mereka memulai dari lingkungan sekitarnya hingga mampu mewujudkan ketentraman secara keseluruhan.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan seluruh lapisan masyarakat yang berperan menjaga keamanan dan ketertiban dari lingkup tempat tinggal sehingga bisa mewujudkan kamtibmas secara keseluruhan," ungkapnya.

Menurut dia, meski pun situasi dan kondisi kamtibmas kondusif, tetapi pihaknya tetap waspada karena posisi Kota Banjarbaru yang diapit dua kota historis yakni Kota Banjarmasin dan Kota Martapura.

"Posisi Banjarbaru yang berada di tengah-tengah dua kota itu, tentunya harus disikapi melalui kewaspadaan dini sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bisa segera diambil langkah antisipasi," ujarnya.

Apalagi, kata dia, Kota Banjarbaru memiliki Bandara Syamsudin Noor sehingga objek vital itu harus selalu dijaga keamanannya agar terhindar dari aksi yang bisa mengganggu operasional penerbangan.

Ditekankan, pihaknya tidak mau mengesampingkan berbagai potensi dan kemungkinan buruk sehingga selalu dalam kondisi siaga dan setiap personel siap diturunkan menghadapi berbagai kejadian.

"Kami bukan hanya siap membantu menurunkan personel, tetapi juga siap mengantisipasi dampak agar setiap kejadian tidak semakin meluas dan menyebabkan kerugian yang lebih besar," katanya.

Ditambahkan,pihaknya mengimbau masyarakat mampu menjaga situasi kamtibmas sehingga terwujud kondisi dan kehidupan masyarakat yang damai, tenang dan tentram dalam menjalani kehidupan./e

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014