Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Moh Zakir Maulidi,menyampaikan pihaknya telah menyiapkan protokol di pintu masuk atau pos retribusi di kawasan yang ada di Kampung Muara Hatip, Desa Hulu Banyu.

Ia mengatakan, petugas retribusi akan dibekali thermogun, yang akan digunakan untuk mengukur suhu tubuh wisatawan atau pengunjung yang akan memasuki kawasan Loksado.

Baca juga: Positif COVID-19 HSS tambah 13 jadi 166, satu di antaranya dari Loksado

"Pada saat membeli karcis masuk kawasan, pengunjung yang memenuhi syarat dengan suhu tubuh di bawah 37,3 derajat Celcius akan diberikan cap approved suhu tubuh sebagai persetujuan untuk masuk kawasan Loksado," katanya, di Loksado, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, apabila pengunjung ditemukan dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celcius, akan dipersilakan pulang untuk berobat dan menunda sementara kegiatan wisatanya.

Tokoh adat kawasan Loksado, Damang Ayal, mengingatkan selain wisatawan yang harus menjaga protokol kesehatan, kesiapan pemberi layanan dalam menyambut pengunjung sesuai standar protokol pencegahan COVID-19 di kawasan Loksado juga harus diperhatikan.

Baca juga: Video - Bupati HSS : Obyek wisata air panas Tanuhi Loksado bakal diperluas

"Bagaimana pun pandemik yang masih berlangsung, sangat berpengaruh terhadap penghasilan masyarakat, khususnya para pemberi layanan wisata," katanya, dalam rapat koordinasi penerapan protokol pencegahan COVID-19 di kawasan pariwisata Loksado, di Aula Kecamatan Loksado.

Ditambahkan dia, jika kegiatan pariwisata di kawasan Loksado kembali dibuka, maka akan berdampak terhadap penghasilan masyarakat dan geliat ekonomi di kawasan Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020