Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar)  Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Pemerintah Kecamatan Loksado melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) penerapan protokol pencegahan penyebaran COVID-19, di kawasan pariwisata Loksado, di Aula Kecamatan Loksado.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Disporapar HSS, Moh Zakir Maulidi, di Loksado, mengatakan secara umum obyek wisata yang ada di desa-desa di Loksado sudah dapat dikunjungi, kecuali Desa Haratai.

"Khusus obyek wisata yang ada di Desa Haratai berdasarkan hasil musyawarah desa setempat masih menyatakan menutup untuk sementara wilayah desa, dari kunjungan masyarakat luar," katanya, saat memberikan keterangan hasil rakor beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sempat ditutup, objek wisata bamboo rafting Loksado kembali dibuka

Dijelaskan dia, berdasarkan informasi yang disampaikan para kepala desa se Kecamatan Loksado pada pertemuan tersebut, telah dapat dipetakan status daya tarik wisata atau potensi wisata di setiap desa.

Peserta rakor menyepakati bahwa pembukaan kawasan desa untuk kegiatan wisata harus disertai dengan penerapan standar protokol pencegahan penyebaran COVID-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pelaksanaan Rakor ini merupakan langkah antisipatif yang dilakukan Disporapar HSS dalam menyikapi kondisi terkini, terkait dengan mulai bergeliatnya kunjungan wisata pada masa pandemic COVID-19 ke HSS, terutama ke kawasan pariwisata Loksado.

Baca juga: Bupati HSS : Pertahankan kelestarian hutan, salah satunya untuk sumber air pertanian

Agenda rapat meliputi, penyampaian informasi kondisi terkini status penyebaran COVID-19 di HSS, Permintaan informasi status masing-masing desa, Pemetaan obyek dan layanan yang bisa di buka, dan menyepakati upaya penerapan protokol Kesehatan pada layanan pariwisata.

Turut hadir, Danramil Padang Batung-Loksado, Kepala Puskesmas Loksado dan Malinau, Kepala Desa se Kecamatan Loksado, tokoh adat, perwakilan Pawadahan Joki Bamboo Rafting.

Juga, perwakilan Pawadahan Ojek Kawasan, perwakilan Pawadahan Penginapan, perwakilan Pawadahan Guide Wisata, Pokdarwis atau LPHD Haratai dan perwakilan penyedia atau operator layanan kegiatan wisata di Kecamatan Loksado.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020