Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H AchmadFikry, menyampaikan Kabupaten HSS memiliki tingkat kesembuhan yang cukup tinggi sekitar 85 persen, namun juga memiliki tingkat angka kematian yang termasuk tinggi di Provinsi KalimantanSelatan (Kalsel).

Ia mengatakan, dengan adanya kondisi seperti ini maka penanganan pasien di Kabupaten HSSperlu perhatian khusus,dan akan didiskusikan juga dengan pihak rumah sakit, dalam upaya percepatan penanganan pasien yang sedang sakit untuk sembuh.

"Kita bersyukur di Kabupaten HSS peran serta tokoh masyarakat sangat tinggi, terutama dari kalangan ulama yang sangat mendukung program-program penanganan COVID-19," katanya, usai rapat koordinasi secara daring dengan Satuan Tugas COVID-19 tingkat Provinsi Kalsel, Kamis (20/8).

Baca juga: Positif COVID-19 HSS tembus 299 orang, kesembuhan meningkat jadi 250

Dijelaskan dia, disamping peran ulama, juga dari TNI, Polri, pemerintah daerah serta stakeholderterkait, guna bersama-sama mendorong kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan virus.

Kesadaran masyarakatlah yang sekarang menjadi harapan untuk tumbuh, karena bagaimanapun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dan itu harus dari semua pihak, tidak hanya hanya pemerintah, tetapi juga melibatkan peran aktif dari masyarakat.

Adapun berdasarkan info resmi Gugus Tugas COVID-19 HSS, per Kamis (20/8), jumlah kasus terkonfirmasi positif di HSTcapai 302 orang, di antaranya positif dalam perawatan 36 orang, sembuh 251 orang dan meninggal 15 orang, sementara diduga atau suspectCOVID-19 35 orang.

Baca juga: 26 mahasiswa kurang mampu STAI Kandangan terdampak COVID-19 terima bantuan

Rapat koordinasi secara daring dengan Satuan Tugas Covid tingkat Provinsi Kalsel, diikuti Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kesatuan Bangsa dan Politik Roni Rusnadi, bertempat di Ruang Media Centre SetdaPemkab HSS.

Rapat koordinasi tersebut khusus membahas status COVID-19 di Provinsi Kalsel, dibuka Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Bambang Surya Putra, diisi materi Ketua Satuan Tugas COVID-19 tingkat Nasional, Doni Monardo.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020