Banjarmasin,  (AntaranewsKalsel) - DPRD Kalimantan Selatan saat mengawali berbuka puasa bersama di "Rumah Banjar" (gedung legislatif tingkat provinsi tersebuta) mendo`akan warga Palestina.

"Mari kita do`akan warga Palestina yang meninggal dunia sebagai syuhada dan sahid karena serangan tentara Israel," ajak KH Husin Nafarin sebelum memulai ceramah agama menjelang berbuka puasa bersama DPRD Kalsel di Banjarmasin, Minggu.

"Begitu juga terhadap warga Palestina yang masih hidup dari serangan zionis Israel, kita do`akan semoga mereka dikuatkan iman dan mendapatkan perlindungan Allah swt," lanjut alumnus Universitas Al Azhar Kairo, Mesir itu.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjarmasin itu menyatakan, syukur bagi masyarakat Muslim Indonesia bisa menikmati puasa Ramadhan 1435 Hijriah. "Bukan cuma puasa, tapi juga bisa berpuasa dengan berpuas-puas," katanya.

"Kenapa bisa berpuasa dengan berpuas-puas? Karena bisa menikmati aneka makanan, seprti yang dijual di "Ramadhan Cake Fair" (pasar wadai Ramadhan)," lanjut mantan Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin itu.

Berbeda dengan kaum Muslim di Palestina, terutama Jalur Gazan yang belakangan ini menjadi sasaran bombardir militer Israel, ungkapnya, mereka jangan bisa melaksanakan ibadah puasa dengan berpuas-puas, tapi makan saja seakan dibayangi-bayangi kematian.

Berkaitan makna Ramadhan, ulama keluaran "negeri piramide" Mesir itu, mengingatkan, agar kaum Muslim, termasuk anggota DPRD Kalsel jangan lupa dengan Al Quran yang merupakan kitab suci bagi umat Islam, kendati dalam kesibukan apapun.

"Jangan karena `kursi` lupa dengan ayat qursi (maksudnya Al Quran)," ucapnya dengan nada bercanda, seraya mengajak melowongkan sedikit waktu, minimal membaca, syukur kalau memahami dan mengamalkan kandungan kitab suci umat Islam tersebut.

Sebelumnya Ketua DPRD Kalsel Kolonel Inf (Purn) Nasib Alamsyah mengatakan, dengan buka puasa bersama tersebut mendangkan rahmat bagi anggota dewan serta karyawan/karyawati sektretariat lembaga legislatif tingkat provinsi itu.

Dalam acar berbuka puasa di lantai IV Gedung DPRD Kalsel itu H Muhammad Abduh, qari yang pernah menjuarai Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional asal provinsi tersebut mengalunkan ayat-ayat suci Al Quran./e

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014