Sebuah perusahaan PT Astra Argo Lestari di Tabalong, Kalimantan Selatan mengalokasaikan dana sebesar Rp250 juta melalui program coorporate social responsibility membangun pos kesehatan desa.

Salah satunya poskesdes yang akan dibangun melalui dana CSR itu adalah Poskesdes di Desa Hayub Kecamatan Haruai, Tabalong.

“Diharapkan poskesdes itu bisa membantu memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelas humas PT Astra, Ir Heri Satria, di Tanjung, Kamis (21/4).

Keberadaan poskesdes di Desa Hayub pun membantu program Dinkes Tabalong dalam pemerataan pelayanan kesehatan di desa-desa pasalnya masih banyak desa yang belum memiliki fasilitas poskesdes.

“Memang idealnya satu desa memiliki satu fasilitas pelayanan kesehatan namun keterbatasan anggaran belum semua desa di Tabalong memiliki poskesdes,” jelas Kadis Kesehatan Tabalong, dr Syarifuddin Basri SpOG.

Tahun ini saja hanya ada penambahan empat poskesdes masing-masing di Desa Murung Baru Kecamatan Tanta, Desa Paliat Kecamatan Kelua, Desa Sei Rukam II Kecamatan Pugaan dan Desa Masintan Kecamatan Kelua.

Sebelumnya 12 rehab maupun pembangungan poskesdes telah diselesaikan yakni Desa kutam, Desa Miho, Desa Kitang, Desa Juai, Desa Kambitin, Desa Jangkung dan Desa Sulingan.

Ditambah Desa Barimbun, Desa Luk Bayur, Desa Kasiau, Desa Habau Hulu dan Desa Bangkiling Raya.

“Jumlah desa di Tabalong mencapai 131 dan ditargetkan semua desa bisa memiliki poskesdes,” tambahnya.(mia*C)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011