Khatib Masjid Raya Sabilah Muhtadin Banjarmasin mengatakan, kepatuhan terhadap protokol kesehatan insya Allah wabah virus Corona atau COVID-19 segera berlalu.

"Kepatuhan terhadap ajakan ulama dan pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan bukan cuma terhindar dari COVID-19, tetapi insya Allah wabah penyakit yang membahayakan itu akan segera berlalu," tegasnya dalam khotbah sebelum shalat Jumat.

Oleh sebab itu, khatib mengajak kaum Muslim, terutama jemaah Masjid Raya Sabilah Muhtadin Banjarmasin yang menjadi kebanggaan umat Islam di Kalsel agar mematuhi protokol kesehatan sebagaimana pula anjuran dari ulama dan pemerintah.

Dalam khotbah Jumatnya, khatib mensitir atau menukil isi Al Quran Surah Al Kahfi ayat 29 dan seterusnya untuk memberikan gambaran/peringatan Allah SWT terhadap suatu wabah yang melanda suatu negeri yaitu bangsa-bangsa di dunia.

"Kandung dalam Surah Al Kahfi itu mengisyaratkan arti penting suatu pencegahan terhadap suatu penyakit, terlebih yang sudah mewabah di antaranya dengan cara mematuhi protokol kesehatan, disamping upaya-upaya lain," demikian Sang Khatib.

Pelaksanaan "Jumatan" (shalat Jumat) dan shalat-shalat fardu/wajib berjemaah lainnya di Masjid Raya Sabilah Muhtadin Banjarmasin itu juga menerapkan protokol kesehatan seperti jemaah harus menjaga jarak serta memakai masker 

Begitu pula Badan Pengelola Masjid Raya Sabilah Muhtadin Banjarmasin itu menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun, "handsenitizer" (pembersih tangan) serta alat pengecek suhu badan.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020