Mantan Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Faisol Nurofiq siap menjadikan program penghijauan yang dilakukan di wilayah Kalimantan Selatan menjadi role model maupun pilot project di tingkat nasional. 

"Kami siap mendorong program penghijauan dan pemberdayaan kehutanan di Kalsel menjadi role model dan pilot project nasional," ujarnya di Banjarbaru, Jumat. 

Pernyataan itu disampaikannya usai pisah sambut Kepala Dishut Kalsel yang diserahkan kepala Plt Kadishut Fathimatuzzahra dihadiri Sekdaprov Abdul Haris di Gedung BPKHK milik Kementerian LHK di Banjarbaru.

Diketahui, Hanif yang menjabat Kepala Dishut Kalsel selama empat tahun dipercaya menduduki jabatan sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian LHK. 

Menurut dia, keberhasilan Kalsel menjalankan program penghijauan tidak terlepas dari dukungan penuh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Sekretaris Daerah sehingga dinilai berhasil mengembangkannya.

"Program penghijauan yang berhasil dijalankan Pemprov Kalsel sejalan dengan UU Cipta Kerja yang dirancang pemerintah diantaranya soal kebun dalam kawasan hutan sehingga tepat menjadi pilot project," ungkapnya. 

Selanjutnya, Hanif mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak khususnya gubernur dan wagub Kalsel serta jajaran Dishut Kalsel, KPH dan RPH seluruh kabupaten yang telah mendukung program kerjanya. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung selama saya bertugas di sini termasuk rekan media yang intens memberitakan positif kegiatan dan program kerja dinas kehutanan Kalsel," ucapnya haru. 

Ia meminta penggantinya sebagai Plt Kadishut Kalsel Fathimatuzzahra agar tidak canggung bekerja meneruskan program kerja penghijauan sesuai arahan gubernur yang telah disusun bersama seluruh jajaran pemprov. 

Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan selamat bertugas kepada Hanif sebagai Sekretaris Ditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan di Kementerian LHK.

"Kami secara kedinasan kehilangan namun bangga ASN Pemprov Kalsel dipercaya untuk mengemban tugas di Kementerian LHK dan semoga bisa membawa dampak positif bagi kinerja kementerian," pesannya. 

Dikatakan, pihaknya mendukung langkah Hanif mendorong program penghijauan yang dilaksanakan di Kalsel menjadi role model bagi penyusunan program penghijauan di tingkat nasional.

Sementara itu, Fatimatuzahra memuji Hanif sebagai sosok pekerja keras yang visioner dan berkomitmen tinggi terhadap pekerjaan sehingga mampu membawa perubahan besar di Dishut Kalsel selama empat tahun terakhir. 

"Kami sangat kehilangan beliau karena selama memimpin Dinas Kehutanan mampu bangkit dengan program kerja yang baik sehingga dapat apresiasi dari pemerintah pusat," ucap pejabat perempuan itu. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020