Trend unik masyarakat yang rajin memelihara tanaman hias ditengah pandemi COVID-19 dimanfaatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan menggelar bimbingan teknis secara online.

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani pada siaran pers yang diterima Antara di Kota Banjarbaru, Kamis mengatakan, bimbingan teknis berupa talkshow virtual digelar, Rabu (19/8) pukul 10.00 WIB/11.00 WITA/12.00 WIT.

"Talkshow virtual transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial mengambil tema Kelola Tanaman dengan Cinta untuk Kebahagiaan dan terbuka untuk semua kalangan dari seluruh Indonesia," ujarnya.

Disebutkan, narasumber dialog virtual itu adalah Nove Arisandi yang juga dikenal sebagai praktisi pertanian sekaligus penelaah difusi dan alih teknologi pertanian sejak bulan Maret 2017 hingga sekarang.

Menurut Bunda Nunung, sapaan akrab Nurliani, Nove yang menjadi pengurus Perhimpunan Hortikultura Indonesia (Perhorti) Komda Kalsel sejak 2019 hingga sekarang, siap memberikan tips memelihara tanaman hias.

"Peserta talkshow bisa mendapatkan langsung ilmu memelihara tanaman mulai menanam, menyiram, memupuk, serta menata estetika tanaman yang bisa membuat bahagia hingga dapat menghasilkan uang," ujarnya.

Selain Nove, narasumber lain yang mengisi dialog online yakni psikolog ternama Kalsel Neka Erlyani yang dilihat dari akun media sosialnya sering memperlihatkan aktivitasnya memelihara tanaman hias.

Moderatornya juga tidak kalah keren dan siap memandu bimtek online yakni Ketua Umum Perhimpunan Hortikultura Indonesia Komda Kalsel dan Koordinator Magister Agronomi Faperta ULM Hilda Susanti.

Dikatakan, melalui bimtek online itu, masyarakat yang perekonomiannya terkena dampak pendemi COVID-19 bisa mengeluti usaha lain seperti budidaya tanaman hias yang saat ini sangat menggiurkan.

Ditekankan, memelihara tanaman merupakan salah satu sarana paling aman karena lebih fokus terhadap kegiatan personal yang dilakukan mandiri dan menjadi salah satu cara mengalihkan rasa tidak aman.

"Menanam adalah aktivitas fisik yang melibatkan minat seseorang sehingga jika dilakukan sungguh-sungguh, bisa menjadi obat sederhana untuk lebih bahagia dan menghasilkan uang untuk membantu perekonomian," ujarnya.

Ditambahkan, bimtek terbuka untuk umum Live Zoom dengan kuota 1.000 partisipan dan registrasi pendaftaran peserta talkshow silahkan mengisi link
https://bit.ly/talkshowTanamanCinta yang telah disiapkan panitia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020