Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengapresiasi keberhasilan para petani Desa Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara atas panen padi sawah dengan hasil meningkat hingga 7,3 ton per hektar dari sebelumnya hanya 2,4 ton per hektar.

Hal itu diungkapkan bupati pada seremoni panen raya padi sawah seluas 25 hektar di Desa Pudi Seberang yang tergabung dalam kelompok Tani Maju Bersama.

"Alhamdulillah, pertanian kita hasilnya sangat memuaskan, saya atas nama pemerintah sangat bergembira atas keberhasilan ini," ungkap H Sayed Jafar.

Dijelaskannya, pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah Daerah yang juga termasuk dalam visi misi Agrobisnis dan Pariwisata.

Kegiatan panen raya ini untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi COVID-19 serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah di Kotabaru.

"Kami akan terus memberikan bantuan demi kelangsungan pertanian di daerah menuju kesejahteraan masyarakat kita," tandas bupati.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan itu berharap agar Kelompok Tani terus berusaha semaksimal mungkin menjaga keberhasilan ini, dan terus mengasah ilmu yang didapat dari para penyuluh.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin memaparkan, kegiatan intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di Kotabaru dilakukan di empat lokasi dan kecamatan.

"Masing-masing mengelola seluas 25 hektar yaitu di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Teluk Mesjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Pudi Seberang Kecamatan Kelumpang Utara, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara," kata Hairuddin.

Terkait masalah air, ia mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan PT. Arutmin untuk memanfaatkan lahan bekas tambang untuk Irigasi Persawahan bagi para petani di Kecamatan Kelumpang Utara

"Hasil ini harus terus kita tingkatkan, jangan pernah merasa puas, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat," ujarnya mengakhiri.

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan beberapa bantuan dari Dinas Sosial untuk masyarakat Kelumpang Utara, seperti bantuan tunai kepada dua orang Penderita disabilitas, empat orang lansia serta Rehap Rumah program Rutilahu (rumah tidak layak huni), 1 unit Alat perontok padi dan karung beras dari bahan plastik.

Acara ini juga dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Kepala SKPD, Camat Kelumpang Utara, Forkopimca, Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Pudi Seberang.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020