Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, melestarikan budaya kunjungan ke daerah-daerah kecamatan selama bulan puasa, atau safari Ramadan, sekaligus sebagai ajang silaturahmi bagi penyelenggara pemerintahan kepada masyarakatnya.


"Selama Bulan Ramadan 1435 Hijriah kita sudah agendakan mengunjungi 10 mesjid di 10 kecamatan," kata Wakil Bupati H Husairi Abdi di Amuntai, Kamis.

Safari pertama dilakukan di Desa Kuini diikuti Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H Husairi Abdi beserta Isteri Hj Norfaizah Husairi, Ketua DPRD Sutoyo Sandi yang juga beserta Isteri dan sejumlah pejabat SKPD.

Para kepala dinas, instansi yang ikut diantaranya Sekda, Asisten I, Asisten III, Kepala Bagian Kesra, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Disperindag, Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Direktur PDAM, Kepala Kementerian Agama dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hulu Sungai Utara.

"Mereka bergotong royong mempersiapkan tenda di sekitar mesjid dan dapur umum di salah satu rumah warga sehingga suasananya seperti aruh penganten," papar Wabup.

Husairi berterima kasih atas sambutan masyarakat yang telah menyiapkan menu berbuka puasa dan berharap masyarakat bisa mengisi Ramadan dengan kegiatan amal ibadah guna meningkatkan ketaqwaan.

Bertempat di ruang induk Mesjid Shiratul Mustaqim Desa Kuini Wabup HSU bersama warga sambil menunggu waktu berbuka puasa mendengarkan tausiyah yang disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Said Masrawan yang pada kesempatan safari tersebut turut hadir.

Menurut Husairi, Ramadan bulan suci di mana pertama diturunkan hidayah berupa Al Qur`an dan terdapat pula Lailatul Qadar yang lebih baik dari pahala beribadah seribu bulan sehingga sangat disayangkan apabila Umat Islam melewatkan moment yang sangat berharga ini tanpa mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Selain itu, lanjutnya hadirnya bulan Ramadan menyajikan moment yang berharga untuk mempererat tali silaturrahim dan kebersamaan antar warga.

"Dengan adanya kegiatan ibadah seperti buka bersama dan Sholat Taraweh diharapkan terjalin silaturrahim dan kebersamaan," ujarnya.

Menurut Adi salah satu warga, mereka begitu senang karena desanya menjadi lokasi pertama dari rute Safari Ramadan Bupati dan Wakil Bupati HSU.

"Alhamdulillah jadi bisa bertatap muka langsung dengan pejabat sehingga bisa lebih kenal dan bisa menyampaikan aspirasi terkait pembangunan di desa kami," ucapnya melalui siaran pers.

Seiring kunjungan Wabup HSU, pihak pengurus mesjid juga berkesempatan menyerahkan langsung proposal untuk perbaikan mesjid dan kegiatan keagamaan lainnya.

Pewarta: Oleh Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014