Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan siap menjalin kerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalsel untuk memberikan fasilitas layanan perpustakaan. 

Kepala Dispersip Kalsel Nurliani dalam siaran pers diterima Antara di Kota Banjarbaru, Rabu mengatakan, kerja sama yang dituangkan dalam bentuk nota kesepakatan (MoU) diwujudkan dalam waktu dekat. 

"Kami siap menjalin kerja sama yang diwujudkan melalui nota kesepakatan dan mengharapkan hubungan yang sudah terjalin semakin baik dan bisa membantu fasilitas perpustakaan terutama bagi warga binaan," ujarnya. 

Sebelumnya, Bunda Nunung sapaan akrab Nurliani menerima kunjungan tiga perwakilan Kanwil Kumham Kalsel, Selasa (28/7) disela talkshow virtual dengan Ria Enes dan Susan dalam rangka Hari Anak Nasional. 

Perwakilan Kanwil Kumham yang datang adalah Kabid Hukum Rustam Effendi, Kasubid Luhbankum JDIH dan penyuluh hukum Zubaidi sekaligus berkoordinasi mempersiapkan kerja sama yang akan dijalin tersebut.

Menurut Rustam, bentuk kerja sama adalah Dispersip Kalsel membantu fasilitas layanan perpustakaan untuk memberikan bahan bacaan bagi Warga Binaan Pemasyarakan (WBP) dan pegawai lapas di Kalsel. 

"Buku-buku perpustakaan sangat bermanfaat bagi warga binaan untuk mengisi waktu sehingga diharapkan terjalin kerja sama dengan UPT Pemasyarakatan di seluruh wilayah Kalsel," ucapnya. 

Selain berkunjung dan berkoordinasi, perwakilan Kanwil Kumham Kalsel juga melihat fasilitas dan pelayanan di Perpustakaan Palnam dan melihat penataan ruang dan koleksi buku di perpustakaan milik pemprov itu. 

"Kami mengapresiasi pelayanan yang diberikan petugas Perpus Palnam mulai dari pembuatan kartu anggota yang cepat dan dicetak spt e-KTP, juga penataan buku, catalog dan fasilitas ruang baca sangat nyaman," sebutnya. 

Selanjutnya, Rustam juga memuji ruang baca yang luas dan tidak panas serta terkesan ruang  baca khusus untuk anak (kids library dilengkapi sesi story telling (dogeng) dari petugas atau mengundang pendongeng.

"Tempatnya luas sehingga bisa jadi arena bermain anak dan orang tua bisa membawa anaknya menanamkan budaya literasi sejak dini. Ini semua menjadikan Perpus Palnam wahana literasi unggulan Kalsel," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020