Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Hulu Sungai Selatan (HSS) H Akhmad Fahmi, menyarankan agar dalam mengisi peringatan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di tengah pandemi COVID-19, khusus para pelajar dilaksanakan secara virtual.

Ia mengatakan, dilaksanakan dengan virtual atau daring, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, perhatian untuk para pelajar ini perlu diberikan mengingat mereka selama pandemi tidak ada kegiatan belajar mengajar secara langsung atau tatap muka.

Baca juga: Video - Bupati HSS : Pendapatan daerah HSS menurun terdampak Corona

"Kita berharap kegiatan lomba tersebut dapat menjadi penyemangat mereka di tengah situasi seperti ini, dan pemerintah daerah melalui SKPD terkait dapat menindak lanjutinya," katanya.

Dijelaskan dia, begitupun di berbagai media juga lagi ramai diperbincangkan sistem pendidikan secara online yang diterapkan saat ini, karena memerlukan biaya, baik pembelian paket kuota internet maupun perangkat selular yang memenuhi standar, yaitu HP Android.

Dan tidak menutup kemungkinan banyak rumah tangga yang belum mampu memenuhi pembelian qouta internet dan HP Android tersebut, maka pihaknya berharap jajaran Dinas Pendidikan HSS dapat memikirkan dan mencarikan solusi atas kondisi tersebut, jika ditemukan di lapangan.

Baca juga: Video - Dampak Corona, RKPD 2021 HSS untuk pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan sosial

Sekretaris Daerah HSS H Muhammad Noor, mengatakan memang dalam kondisi pandemi akan ada perbedaan dalam upacara peringatan maupun perayaan memeriahkannya, karena memang harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

"Untuk Paskibraka tahun ini pun dibatasi, baik yang bertugas sebagai pengibar bendera maupun nantinya menurunkan bendera, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya melibatkan banyak anggota Paskibraka, hanya bisa disiapkan masing-masing tiga orang plus satu cadangan baik diupacara pagi maupun sore," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020