Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad melakukan kunjungan dua peternakan sapi, memastikan bahwa memang ketersediaan sapi di Kabupaten HSS mencukupi.

Ia mengatakan, dari hasil kunjungan diketahui ternak sapi tersedia dengan jumlah yang sesuai dengan jumlah yang dihajatkan masyarakat ada, dan sapi-sapi yang diperiksa dalam keadaan sehat, kemudian penting umurnya juga sampai untuk syarat sebagai hewan kurban.

"Hari ini kita berkunjung ke tempat petenakan sapi, kita lihat tadi sapi-sapinya sehat sehat, langsung dokter hewan yang bersama kami juga yang memeriksa," katanya, di Parincahan, Senin (7/27).

Baca juga: Warga Daha Selatan komitmen jaga kelestarian lingkungan

Dijelaskan dia, hewan-hewan ini akan disuplai nanti oleh petenak ini nanti ke masyarakat yang sudah membeli, pihaknya menyarankan kalau memungkinkan hari Jumat distribusinya, agar tidak terlalu lama sapinya dipelihara masyarakat.

Kunjungan ini menjadi bagian penting untuk memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, selain stok dalam kondisi aman dan cukup, hewan kurban di HSS dipastikan memenuhi telah kriteria kesehatan yang ditentukan.

Kepala Dinas Pertanian Muhammad Noor, menyampaikan bahwa pada saat nanti dilaksanakan pemotongan hewan kurban, akan dilakukan pemeriksaan terhadap organ-organ hewan korban.

Baca juga: Rakor Jadwalkan Razia Gabungan Atasi Penyetruman

"Seperti jantung, hati empedu untuk mengetahui tanda-tanda penyakit menular terhadap manusia, kalau itu memang ada nanti akan kita edukasi bagaimana cara mengatasi dengan memasaknya di atas 100 derajat Celsius," katanya.

Kedua peternakan yang dikunjungi, peternakan sapi milik Harjoko yang berlokasi di Kandangan Barat dengan jumlah kurang lebih 60 ekor, kemudian Peternakan milik Reza Agus Kurniawan di Parincahan dengan jumlah sapi 30 ekor, dua peternakan sapi itu penghasil sapi terbesar di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020