Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Kalimantan Selatan menggerakkan komunitas otomotif dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mewujudkan kelestarian alam.

"Kami bersinergi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan untuk menyelamatkan satwa dilindungi di hutan Kalimantan melalui peran para offroader dan rider," ucap Irwasda Polda Kalsel Kombes Pol Djoko Poerbohadijojo di Banjarbaru, Sabtu.

Secara simbolis, Djoko menyerahkan stiker bertuliskan pesan "Padamkan api lindungi kami" kepada perwakilan offroader yang dilepas melaksanakan touring jelajah pedalaman hutan di Kabupaten Banjar.
(ANTARA/Firman)


Puluhan anggota Bhabinkamtibmas juga ikut dalam rombongan mengendarai sepeda motor yang membawa paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat.

"Bhabinkamtibmas bisa menyampaikan ke masyarakat binaannya di seluruh pelosok desa agar tak membakar lahan dan menjaga ekosistem lingkungan termasuk di dalamnya hewan-hewan endemik hutan Kalimantan," kata Irwasda mewakili Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan Mahrus Aryadi mengapresiasi inisiatif Polda Kalsel dalam upaya penyelamatan satwa dilindungi tersebut melalui edukasi pencegahan karhutla.

"Banyak dari habibat satwa rusak akibat kebakaran hutan. Mari kita jaga bersama agar karhutla tidak terjadi tahun ini melalui upaya pencegahan sejak dini seperti yang dimotori Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko," jelasnya.
Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Kalsel Kompol Haris yang melepas rombongan kendaraan anggota Bhabinkamtibmas mengikuti touring. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) cabang Kalimantan Selatan Edy Sudarmadi dan Ketua Pengda Indonesia Offroad Federation (IOF) Kalsel Haryadi kompak menyatakan komitmen pecinta otomotif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Jika Edy mengaku siap membantu BKSDA dalam penyediaan tempat bagi pemeliharaan satwa-satwa dilindungi hasil perdagangan liar yang diungkap Polda Kalsel, maka Haryadi siap menggerakkan offroader dengan bermacam kendaraannya membantu pemadaman jika terjadi kebakaran di dalam hutan yang sulit ditembus mobil pemadam di kota.

Turut hadir mewakili Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko yaitu Kasubdit Bhabinkamtibmas Kompol Haris yang melepas rombongan kendaraan anggota Bhabinkamtibmas mengikuti touring.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020