Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) -  Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin meminta agar dinas pekerjaan umum baik dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan maupun pemerintah daerah untuk memberikan perhatian khusus terhadap kerusakan jalan jalur Banjarmasin - Batulicin dan Batuliicn Pagatan.

    
"Jalur Pagatan Batulicin  perlu mendapat perhatian khusus karena masih belum bagus, apalagi menghadapi Idul Fitri," kata Gubernur di Banjarmasin, Jumat.
    
Gubernur mengajak aparat di daerah juga membantu mengamankan kondisi jalan, dengan memperhatikan beban kendaraan yang melintas agar tidak melebihi beban jalan.
    
Menurut dia, untuk menunjang arus mudik, diharapkan seluruh jalan di Kalsel sudah bisaa mulus pada  H-5 Idul Fitri 1435 hijriah.
    
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kalsel, Martinus mengungkapkan, untuk menunjang kelancaran arus mudik, pemerintah provinsi akan berupaya menutup kerusakan jalan, dan seluruh pekerjaan tersebut bisa selesai maksimal pada H-5.
    
Sedangkan untuk jalur Hulu Sungai, khusus untuk jalan provinsi cukup mulus, sehingga pada saat arus mudik berlangsung, diharapkan lalu lintas bisa berjalan lancar, dan kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisasi.
    
Sementara untuk jalur Banjarmasin hingga Kotabaru, terutama pada ruas jalan Joroang-Pagatan mengalami banyak kerusakan.
    
Kondisi tersebut disebabkan adanya aktifitas angkutan perkebunan dan pertambangan, dimana muatannya masih melebihi kapasitas beban jalan yang hanya  6-8 ton.
    
"Seminggu lalu saya meninjau jalur Jorong - Pagatan yang mengalami penurunan kualitas, sehingga perlu di perbaiki dengan tambal sulam," katanya.
    
Hanya saja, kata dia, upaya tersebut tidak bisa dilakukan secara terus menerus, perlu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan struktur jalan, sehingga kerusakan bisa diminimalisir.
    
Rencananya, kata dia, pada 2015 akan dilakukan perbaikan jalan dengan memperkuat struktur jalan dengan biaya Rp15 miliar per kilometernya.
    
Saat ini, tambah Martinus, dari jalan sepanjang 260 kilometer Banjarmasin - Kotabaru, masih terdapat kerusakan pada ruas jalan di jarak 50 kilometer, sehingga perlu dilakukan perbaikan dengan cara menambalnya (pacing).

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014