Perpustakaan Desa "Banua Pintar" yang terletak di Desa Kapar Kabupaten Tabalong akan mewakili Kalimantan Selatan pada lomba perpustakaan desa tingkat nasional tahun 2020 yang diselenggarakan sebelum akhir tahun.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel Nurliani dalam siaran pers Kamis mengatakan, terpilihnya perpustakaan "Banua Pintar" di Desa Kapar karena menjadi juara satu perpustakaan se Kalsel.

"Perpustakaan Banua Pintar Desa Kapar menjadi juara pertama lomba perpustakaan se Kalsel ditetapkan dalam surat Surat Nomor 041.1/3867/Dispersip tanggal 6 Juli 2020 sehingga berhak mewakili Kalsel," ujarnya.

Perpustakaan "Banua Pintar" Desa Kapar mengungguli perpustakaan desa lain di Kalsel yakni Perpustakaan Cahaya Hati Desa Batu Ampar Tanah Laut, Perpustakaan Desa Salat Makmur Kabupaten Banjar.

Kemudian, Perpustakaan Sumber Ilmu Kelurahan Paringin Timur Kabupaten Balangan, Perpustakaan Rindang Ilmu Desa Merpura Kabupaten Kotabaru, dan Perpustakaan Al-Falah Desa Labuan Anak Hulu Sungai Tengah.

Menurut Bunda Nunung sapaan akrab Nurliani, perpustakaan desa itu akan dipersiapkan mengikuti lomba tingkat nasional dan akan dinilai tim juri yang mengunjungi perpustakaan untuk mengetahui kesiapan lainnya.

Disebutkan, Kalsel masuk dalam Kluster A terdiri dari 14 provinsi untuk divisitasi lagi menjadi 6 provinsi yang selanjutnya diundang ke Jakarta tim juri dari Perpusnas untuk presentasi bulan September 2020.

"Kami berharap, perpustakaan desa yang menjadi juara dan mewakili Kalsel lebih giat dalam memperbaiki kekurangan, sehingga saat visitasi tim juri Perpusnas bisa direkomendasikan menjadi 6 besar di Kluster A," katanya.

Kasi Pembinaan Perpustakaan dan Ketua Tim Penilai Perpustakaan Desa Arbayah mengatakan, juara lomba perpustakaan desa yang dilaksanakan Dispersiap mendapat sertifikat, tropi dan uang pembinaan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020